Apa Arti 10W-40 Oli Mesin?

Apa Arti 10W-40 Oli Mesin?

Daftar Isi



  • Apa arti 10W-40 pada oli mesin?
  • Dampak menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan

Oli berguna sebagai pelumas komponen-komponen yang terdapat pada mesin yang saling bergesekan, dengan Trik membentuk sebuah lapisan yang bernama lapisan Sinema. Lapisan Sinema inilah yang nantinya Nanti akan meminimalisir terjadinya pengikisan atau keausan dari komponen mesin yang saling bergesekan dan membuat suara mesin menjadi lebih halus.

Ditambah lagi, oli mesin Bahkan berfungsi untuk meredam panas yang dihasilkan pada saat mesin mulai bekerja.

Oli Nanti akan membuat panas yang dihasilkan oleh mesin tetap berada pada suhu yang optimal, Dengan kata lain pada kisaran 75 derajat celcius Sampai sekarang 105 derajat celcius, sehingga mesin Kendaraan Pribadi atau Kendaraan Bermotor Roda Dua tetap bekerja dengan optimal.

Setiap kendaraan memiliki jenis dan karakter oli mesin yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis mesin yang dipakai. Terdapat sebuah kode yang digunakan oleh produsen oli di seluruh dunia untuk Mempercepat pemilik kendaraan mendapatkan oli yang mampu Menyajikan pelumasan secara optimal pada kendaraannya tersebut.

Apa arti 10W-40 pada oli mesin?

Salah satu tipe oli yang umum digunakan pada mesin kendaraan Merupakan oli dengan kode 10W-40. Kode oli dari mesin kendaraan ini dibuat dengan berpatokan kepada viskositas oli. Viskositas oli Merupakan nilai kekentalan oli yang dinyatakan dengan angka Merujuk pada kemampuan oli tersebut mengalir di dalam mesin kendaraan.

Dilansir dari laman Castrol, arti huruf W pada kode oli menandakan “Winter” atau musim dingin. Artinya, angka 10 yang tertera di depan huruf ‘W’ Merupakan tingkat viskositas atau kekentalan oli yang mengalir pada saat mesin Kendaraan Pribadi atau Kendaraan Bermotor Roda Dua dihidupkan pada saat dingin.

Angka viskositas oli ini mulai dari 0 Sampai sekarang 25. Semakin kecil angkanya, maka kemampuan oli untuk mengalir Nanti akan semakin baik, Disebut Bahkan, oli tersebut Nanti akan semakin encer.

Kemudian kode angka kedua setelah huruf ‘W’ menandakan tingkat kekentalan oli pada saat mesin kendaraan tersebut bekerja dalam kondisi normal. Oli sendiri memiliki kemampuan untuk menjaga viskositasnya dari suhu 20 derajat celcius Sampai sekarang suhu tertinggi di angka 150 derajat celcius. Angkanya dimulai dari 20 Sampai sekarang 60.

Pada umumnya, oli 10W-40 digunakan untuk Kendaraan Pribadi atau Kendaraan Bermotor Roda Dua keluaran terbaru yang memiliki celah sempit pada komponen-komponen mesinnya. Oli yang encer ini Nanti akan lebih Mudah menembus sela-sela komponen mesin yang rapat untuk Menyajikan perlindungan yang lebih baik Manakala dibandingkan oli yang lebih kental.

Sekalipun demikian oli lebih Mudah Menyajikan perlindungan, Justru oli mesin yang lebih encer ini cenderung memiliki usia pakai yang lebih singkat Manakala dibandingkan dengan oli yang lebih kental. Hal ini dikarenakan lapisan Sinema yang dihasilkan oleh oli Nanti akan Mudah terkikis Manakala dibandingkan dengan oli yang lebih kental.

Dampak menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan

Kesalahan dalam memilih jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Nanti akan Menyajikan dampak yang cukup buruk bagi kendaraan Anda, mulai dari performa yang menurun Sampai sekarang kerusakan pada komponen mesin kendaraan.

Dampak salah memilih oli yang pertama Merupakan menurunnya performa kendaraan. Hal ini dikarenakan oli tidak mampu melumasi komponen mesin kendaraan dengan maksimal. Oli yang terlalu kental Nanti akan membuat perputaran komponen mesin menjadi lebih lambat.

Boros BBM

Faktanya, kesalahan memilih jenis oli Bahkan turut mempengaruhi konsumsi bahan bakar atau BBM. Saat tenaga menurun, BBM Nanti akan dipompa lebih banyak lagi untuk mengatasi defisit tenaga.

Kerusakan komponen mesin

Dampak paling fatal Manakala salah memilih oli Merupakan kerusakan yang terjadi pada komponen mesin kendaraan. Oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan dapat Mengoptimalkan gesekan yang terjadi antara komponen-komponen mesin. Manakala dibiarkan, maka komponen mesin Nanti akan mengalami keausan Sampai sekarang berujung kerusakan.

Selain menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan, pemilik kendaraan Bahkan Dianjurkan memastikan oli tersebut memiliki kualitas yang baik. Jangan tergiur oli dengan harga Ekonomis yang belum Terpercaya kualitasnya.

(ahd/mik)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Apa Arti 10W-40 Oli Mesin?