Bisnis  

LPEI Siapkan Marketplace Dorong UKM Tembus Pasar Perdagangan Keluar Negeri

LPEI Siapkan Marketplace Dorong UKM Tembus Pasar Perdagangan Keluar Negeri


Lembaga Pembiayaan Perdagangan Keluar Negeri Indonesia (LPEI) atau Eximbank menyiapkan marketplace bernama Komodoin untuk Membantu usaha kecil menengah (UKM) tembus pasar Perdagangan Keluar Negeri.

Marketplace itu dirancang khusus sebagai sarana edukasi Perdagangan Keluar Negeri, layanan informasi, inkubasi, peningkatan kapasitas, dan tempat bertemunya seller dan buyer (business matching).

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menuturkan kemudahan dan ketersediaan pelayanan yang lengkap pada marketplace diharapkan dapat mendorong pelaku usaha berorientasi Perdagangan Keluar Negeri untuk berani mendunia.


Komodoin mulai diperkenalkan kepada ekosistem Perdagangan Keluar Negeri Indonesia pada Forum Berani Mendunia tanggal 1 Juni 2024 lalu. marketplace ini hadir untuk mempersatukan anak-anak bangsa dalam Mengoptimalkan kemampuan pelaku usaha berorientasi Perdagangan Keluar Negeri.

“Komodoin Berencana menjadi penyedia end-to-end services milik lembaga pemerintah – LPEI yang Pada Pada saat ini diprioritaskan untuk Mengoptimalkan volume transaksi dan jumlah pelaku UKM Indonesia berorientasi Perdagangan Keluar Negeri,” ungkap Riyani melalui keterangan resmi, Kamis (6/6).

Komodoin, kata Ia, ditargetkan mulai dapat diakses kepada publik pada Agustus 2024 mendatang dengan empat layanan, yaitu edukasi, kurasi, inkubasi, Sampai sekarang transaksi untuk Perdagangan Keluar Negeri.

Riyani berharap Komodoin dapat Mendukung eksportir untuk bisa lebih Unggul dan akurat dalam mengakses pasar dunia tanpa batas (cross border).

Riyani menyebut Komodoin Berencana berkolaborasi dengan berbagai mitra dari Kementerian terkait, perbankan, komunitas UKM Perdagangan Keluar Negeri, aggregator buyer di luar negeri, Diaspora, Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.

(mrh/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > LPEI Siapkan Marketplace Dorong UKM Tembus Pasar Perdagangan Keluar Negeri