Kok Bisa Anak SD Tingginya 2 Meter? Begini Kemungkinannya Menurut Dokter

Kok Bisa Anak SD Tingginya 2 Meter? Begini Kemungkinannya Menurut Dokter


Jakarta

Viral seorang murid SD berusia 12 tahun bernama Sagil Muhammad Rizki memiliki tinggi badan dua meter. Orang tuanya mengatakan pertumbuhan Sagil Pernah berlangsung mulai terlihat tak biasa sejak kelas 2 SD.

Tinggi badannya itu membuat Sagil cukup kesulitan mencari baju yang pas untuknya. Ukuran baju Sagil Pada Pada saat ini XXXXL, ukuran celana 38, dan ukuran alas kaki nomor 50.

Spesialis ortopedi dr Phedy, SpOT(K) mengatakan hal yang memicu tinggi badan melebihi orang dewasa seperti yang dialami Sagil bisa dipicu banyak faktor, termasuk genetik dan hormonal.


“Dalang anak ini mengalami tinggi badan yang tidak biasa itu memang Sangat dianjurkan diperiksa dulu, apakah memang orang tuanya Bahkan tinggi atau tidak. Kalau memang dari keluarganya semuanya udah tinggi, ya Ia wajar saja,” kata dr Phedy dalam diskusi media, Kamis (16/5/2024).

dr Phedy mengatakan tinggi badan Sagil termasuk tidak wajar untuk anak seusianya. Anak dengan tinggi badan yang tak sesuai dikhawatirkan bisa memicu masalah Kebugaran.



ADVERTISEMENT

Manakala seorang anak mengalami pertumbuhan yang sangat Praktis, pemeriksaan medis yang komprehensif dapat Membantu mengidentifikasi apakah ada gangguan hormonal, masalah genetik, atau kondisi medis lainnya yang Dianjurkan ditangani.

“Sangat dianjurkan di cek dulu sih, Sangat dianjurkan dicari penyebabnya. Nah kalau Peristiwa Pidana Hukum seperti ini bisa ke dokter anak bagian endokrin, untuk memeriksa bagian hormonnya apakah ada masalah atau enggak. Atau cek dulu ke dokter tulang anak,” ucapnya.

Terlepas dari Peristiwa Pidana Hukum tersebut, dr Phedy mengatakan ada beberapa Trik yang bisa dilakukan Supaya bisa badan anak bisa tumbuh tinggi. Membiasakan anak untuk melakukan aktivitas yang merangsang pertumbuhan tulang mereka sejak dini Merupakan langkah penting dalam Membantu Kebugaran dan perkembangan tubuh mereka secara keseluruhan.

Di samping anak melakukan aktivitas untuk merangsang pertumbuhan tulang, asupan nutrisi dan makanan yang masuk ke dalam tubuh Bahkan menjadi kunci dalam menjaga Kebugaran tulang anak Supaya bisa tetap optimal.

“Kalau pengin anaknya tinggi, tulangnya itu mesti tumbuh. Nah tulangnya itu tumbuh karena satu, butuh rangsangan. Jadi misalnya nih tulangnya dipakai buat lari, dipakai buat loncat, dipakai buat skipping, dipakai buat berenang,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Kok Bisa Anak SD Tingginya 2 Meter? Begini Kemungkinannya Menurut Dokter