Separah Ini Efek Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Rusuk Sampai Patah

Separah Ini Efek Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Rusuk Sampai Patah


Jakarta

Vokalis legendaris Celine Dion buka-bukaan mengenai kondisinya yang mengidap penyakit sindrom orang kaku atau stiff person syndrome. Dalam sebuah wawancara terbaru, pelantun ‘My Heart Will Go On’ itu mengatakan penyakitnya membuat tulang rusuknya sampai patah.

Ia Bahkan mengungkap efek penyakit itu pada tenggorokannya, yang membuatnya sulit bernyanyi. Ketika kambuh, kejang otot akibat stiff person syndrome kata Celine, seperti ada yang mencekik.

Gejalanya, katanya, dimulai dengan kejang pada pita suaranya. Awalnya, Ia tidak khawatir. Sekarang kondisinya Sebelumnya menyebar ke bagian lain tubuhnya. Penyakit ini Sebelumnya mempengaruhi perutnya, tulang rusuknya, tulang belakangnya, tangan dan kakinya.


“Terkadang, Seandainya kondisinya sangat parah, beberapa tulang rusuk Bahkan bisa patah,” kata Celine kepada NBC News.

Vokalis tersebut pertama kali menceritakan bahwa Ia didiagnosis mengidap sindrom orang kaku pada Desember 2022. Celine Dion Sebelumnya berbagi beberapa kabar terbaru kepada penggemar tentang kesehatannya selama satu setengah tahun terakhir.



ADVERTISEMENT

Pada bulan Februari, Celine Dion naik panggung di Grammy Awards 2024 untuk mempersembahkan penghargaan terakhir dan paling bergengsi malam itu, album Unggul tahun ini. Ia mengejutkan penonton ketika Ia muncul dan diantar ke mikrofon untuk Menyajikan pidato yang mengharukan tentang kekuatan musik.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke menjelaskan sindrom orang kaku Merupakan kelainan neurologis progresif dengan ciri-ciri penyakit autoimun. Hal ini menyebabkan kekakuan otot pada batang tubuh dan anggota badan, serta peningkatan kepekaan terhadap kebisingan, sentuhan, dan tekanan emosional, yang dapat memicu kejang otot yang menyakitkan.

Kondisi ini dapat berdampak buruk pada kualitas hidup. Orang dengan sindrom orang kaku Kemungkinan mengalami postur membungkuk dan kesulitan berjalan atau bergerak.

Mereka Kemungkinan Bahkan lebih sering terjatuh karena kurangnya refleks otot untuk menahan diri, sehingga dapat menyebabkan Cidera. Pada Celine Dion, efek ini Bahkan mempengaruhi otot di lehernya.

“Seperti ada yang mencekik. Seperti ada yang mendorong laring atau faring,” beber Celine.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Separah Ini Efek Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Rusuk Sampai Patah