Apakah Mulut Terasa Kering Meski Pernah berlangsung Banyak Minum, Tanda Dehidrasi Dok?

Apakah Mulut Terasa Kering Meski Pernah berlangsung Banyak Minum, Tanda Dehidrasi Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Dok, saya orang yang termasuk suka minum air putih. Tidak seperti, kenapa belakangan ini mulut saya terasa kering dan Ingin minum terus, ditambah cuaca yang sangat panas.

Apakah ini termasuk gejala dari dehidrasi, Dok?


Riski R (pria, 27 tahun)

Jawaban:



ADVERTISEMENT

Ya, mulut kering dan keinginan untuk minum terus-menerus Merupakan gejala umum dehidrasi. Gejala dehidrasi ini terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi.

Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan cairan, Gerakan yang berat, cuaca panas atau terik, berkeringat berlebih, atau beberapa penyakit yang menyebabkan muntah atau diare, sehingga menyebabkan cairan di tubuh berkurang.

Selain mulut kering dan rasa haus yang berlebihan, gejala lain dari dehidrasi meliputi:

  • Urine terlihat keruh dan berwarna lebih gelap
  • Pusing dan pandangan berkunang-kunang
  • Kelelahan
  • Kulit kering
  • Frekuensi buang air kecil yang berkurang
  • Sakit kepala

Untuk gejala dehidrasi yang ringan, biasanya cukup diatasi dengan Mengoptimalkan asupan cairan, seperti air putih atau minuman elektrolit.

Tidak seperti, Bila gejalanya parah atau disertai dengan tanda-tanda, seperti linglung atau kebingungan, detak jantung Mudah, kesulitan bernapas, serta jumlah urine yang berkurang, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Bapak dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

dr Muhammad Pranandi, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

RS Pondok Indah – Puri Indah

Tentang Perawatan Medis

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Ingin tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Apakah Mulut Terasa Kering Meski Pernah berlangsung Banyak Minum, Tanda Dehidrasi Dok?