Kendaraan Pribadi Rental Hilang Dicuri, Berapa Kompensasi dari Asuransi?

Kendaraan Pribadi Rental Hilang Dicuri, Berapa Kompensasi dari Asuransi?


Pebisnis rental yang melindungi Kendaraan Pribadi rentalnya menggunakan asuransi Kendaraan Pribadi komersial bakal mendapat kompensasi bila terjadi kasus pencurian atau penggelapan.

Besar ganti rugi atas risiko tersebut, Sesuai ketentuan penjelasan Head of Public Relation, Marcomm, & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto, sesuai harga pertanggungan.

“Misal Kendaraan Pribadi pas hilang harga pasarnya Rp100 juta, ya nanti asuransi ganti dalam bentuk dana atau uang Rp100 juta,” kata Ia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Meskipun demikian Seandainya pebisnis rental membeli Kendaraan Pribadi dalam bentuk kredit, pihak asuransi Berencana mengganti ke kreditur atau pihak yang membiayai kredit Kendaraan Pribadi.

“Nanti leasing sama kamu (pemilik Kendaraan Pribadi), hitung-hitungan tuh, masih ada sisa utang berapa, lalu dipotong hasil klaim asuransi,” jelas Ia.

Iwan menekankan Seandainya ingin mendapatkan jaminan uang kembali saat Kendaraan Pribadi sewaan hilang atau dicuri, pemilik rental Sangat dianjurkan mengasuransikan mobilnya dengan asuransi jenis komersial.

“Pastikan Pada masa itu, Kendaraan Pribadi yang digunakan untuk rental Sudah diasuransikan sesuai penggunaannya,” kata Ia.

Iwan menjelaskan seringkali para pebisnis memilih jenis asuransi untuk penggunaan private atau pribadi, sehingga saat penggunaan Kendaraan Pribadi tersebut dikomersialkan risiko-risiko tidak ditanggung seperti asuransi Kendaraan Pribadi komersial.

Efisien, kata Iwan, dengan kondisi Kendaraan Pribadi hilang tanpa asuransi komersial, pengguna tidak bisa mengklaim ke pihak asuransi alias klaim Berencana ditolak.

Iwan memaparkan konsumen yang Sudah kadung memakai asuransi pribadi bisa diubah ke jenis komersial dengan penyesuaian premi.

“Pemilik polis/tertanggung bisa mengubah jenis pertanggungan dengan endorse ke perusahaan asuransi dengan penggunaan komersial, nanti Kendaraan Pribadi disurvei dulu dan ada penyesuaian premi,” kata Ia.

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kendaraan Pribadi Rental Hilang Dicuri, Berapa Kompensasi dari Asuransi?