Bisnis  

Dirut Sebut Seluruh Lini Usaha Pertamina Bertumbuh Positif pada 2023

Dirut Sebut Seluruh Lini Usaha Pertamina Bertumbuh Positif pada 2023


PT Pertamina (Persero) menampilkan peningkatan performa kinerja menyusul restrukturisasi organisasi pembentukan Holding dan Subholding pada 2023.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Perseroan Tahun Buku 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta pada Senin (10/6).

“Sejak restrukturisasi organisasi, kinerja operasional seluruh lini Usaha, baik holding dan subholding Bahkan semakin solid dan andal. Seiring dengan pertumbuhan operasional, capaian keuangan pun meningkat berkat efisiensi, optimalisasi biaya, manajemen liabilitas, serta komitmen penyelesaian piutang pemerintah kepada Pertamina,” kata Nicke.


Kinerja tersebut antara lain mencakup produksi minyak dan gas (migas) melalui Subholding Hulu yang bertambah 8 persen dari 967,4 juta barel setara minyak per hari (MBOEPD) pada 2022 menjadi 1.044 MBOEPD pada 2023.

Dari Subholding Pengolahan dan Petrokimia, produksi kilang mencapai 341 juta BBL pada 2023, meningkat 2 persen dari 2022. Kemudian pada 2023, Pertamina Menggelar akuisisi terhadap enam blok, termasuk Blok Masela, Blok Bunga, dan Peri Mahakam.

Kemudian, Subholding Commercial & Trading mencatatkan peningkatan realisasi penjualan produk BBM dan non-BBM dari 98 juta KL pada 2022 menjadi 100 juta KL pada 2023. Pada saat Pada waktu yang sama, Pertamina Patra Niaga memulai penyaluran Pertamax Green 95 dan Biosolar 35.

“Sebagai lini Usaha yang berhubungan dengan konsumen, Pertamina terus Mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Digital secara terintegrasi, mulai dari distribusi Sampai saat ini layanan, sehingga proses Usaha sektor ini dapat menghasilkan efisiensi yang signifikan bagi Pertamina,” kata Nicke.

Adapun Subholding Gas yang menerima permintaan tinggi dari sektor industri, komersial, dan rumah tangga Mengoptimalkan penjualan dari 327 ribu BBTU pada 2022 menjadi 337 ribu BBTU pada 2023. Pertamina Bahkan menambah jaringan gas (jargas) sebanyak 55 ribu, total jargas menjadi 820 ribu sambungan rumah tangga (SRT).

Subholding Gas Bahkan Mengoptimalkan transmisi gas dari 439 miliar SCF pada 2022 menjadi 532 miliar SCF pada 2023.

Lalu, Subholding Integrated Marine Logistics (SH IML) melalui transportasi kargo Pertamina mencatatkan peningkatan 3 persen dari 157 juta KL pada 2022 menjadi 161,4 juta KL pada 2023. Di sisi lain, penggunaan desain EcoShip di sebagian besar kapal Pertamina terbukti menurunkan emisi dan efisiensi bahan bakar Sampai saat ini 8 persen.

Pada Subholding Pertamina New & Renewable Energy (PNRE), produksi listrik dari energi baru dan terbarukan, termasuk panas bumi, naik dari 4.658 giga watt hour (GWh) pada 2022 menjadi 5.451 GWh pada 2023.

Menurut Nicke, keseluruhan kinerja Pertamina itu menunjukkan upaya menjalankan visi guna mendorong pemanfaatan energi transisi, sekaligus menjaga ketahanan energi nasional pada sektor migas.

“Sebagian besar indikator operasi di seluruh subholding meningkat pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022. Kenaikan operasional Pertamina Grup dipicu oleh tumbuhnya permintaan dari konsumen, terutama pada sektor energi transisi di mana pertumbuhannya cukup tinggi,” katanya.

Nicke menambahkan, sepanjang 2023, Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) menjadi salah satu kunci pemanfaatan Teknologi Digital untuk memonitor dan mengendalikan seluruh proses Usaha Pertamina, termasuk proses distribusi dan ketersediaan pasokan energi.

Hal lain yang tercatat pada RUPST Perseroan Tahun Buku 2023, Merupakan keberhasilan Pertamina menyalurkan energi ke masyarakat yang menjadi tugas dari pemerintah, Didefinisikan sebagai melalui ketersediaan, keterjangkauan, dan keadilan energi.

Salah satunya, dengan Menyajikan dan mendistribusikan aket perdana LPG 3 kg untuk kapal penangkap ikan dan mesin pompa air bagi nelayan dan petani, serta Membantu pengembangan infrastruktur seperti jaringan gas rumah tangga, seperti yang digunakan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Inilah yang menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan bisnisnya, yang terintegrasi mulai dari hulu migas Sampai saat ini penyaluran produk untuk memenuhi kebutuhan industri, komersil, maupun masyarakat dan rumah tangga,” kata Nicke.

Vice President Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina Berencana melanjutkan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menjalankan penugasan. Menurut Fadjar, keberhasilan Pertamina selama ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah.

“Kami mengapresiasi peran seluruh entitas lembaga pemerintah, aparat, serta perangkat desa dan masyarakat yang Pernah Membantu pendistribusian energi, sehingga penugasan ini berjalan dengan baik dan target untuk penyaluran energi dapat tercapai,” kata Fadjar.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Dirut Sebut Seluruh Lini Usaha Pertamina Bertumbuh Positif pada 2023