Viral DBD Disebut Bisa Sembuh Dengan Jus Daun Pepaya, Begini Faktanya

Viral DBD Disebut Bisa Sembuh Dengan Jus Daun Pepaya, Begini Faktanya


Jakarta

Belum lama ini beredar di Sebanyaknya grup media sosial percakapan yang menyebutkan Seandainya demam berdarah dengue (DBD) dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi jus daun pepaya.

Pesan berantai yang mengatasnamakan info dari mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof A A Mattjik tersebut, beredar di Sebanyaknya grup percakapan di WhatsApp.

“Mengikuti pengalaman dari seorang anak laki-laki yang Sebelumnya sembuh dari penyakit demam berdarah. Setelah sebelumnya mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter transfusi darah,” demikian keterangan seperti dikutip dari laman IPB.


“Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang Juice Daun Pepaya Mentah,” lanjutnya.

Terkait hal ini, IPB menyatakan bahwa pesan yang beredar tersebut Merupakan informasi salah alias hoaks.



ADVERTISEMENT

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi Bahkan menegaskan bahwa tidak terdapat bukti ilmiah terkait jus daun pepaya mentah yang dapat menyembuhkan demam berdarah dengue.

Menurutnya, semua Medis Sangat dianjurkan ada uji klinis, dan yang disebut di dalam postingan hanya Mengikuti pengalaman.

“Tidak bisa testimonial satu-dua orang saja lalu sesuatu bisa menjadi Medis,” ujar Nadia saat dihubungi detikcom, Rabu (12/6/2024).

Kandungan pada daun pepaya sendiri bukanlah Medis alternatif demam berdarah dengue, melainkan Mendukung Mengoptimalkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Viral DBD Disebut Bisa Sembuh Dengan Jus Daun Pepaya, Begini Faktanya