Berita  

Rekayasa Lalin dan Info Parkir pada Pencanangan HUT ke-497 Jakarta

Rekayasa Lalin dan Info Parkir pada Pencanangan HUT ke-497 Jakarta


Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menyampaikan rencana rekayasa lalu lintas pada Minggu (19/5) sebagai dukungan terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang Berencana menggelar pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Pada hari yang sama, Bahkan dilaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) mulai pukul 06.00-10.00 WIB di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. Adapun panggung utama terletak di Bundaran HI.

Kepala Dishub Provinsi DKI Syafrin Liputo mengatakan, penutupan dilakukan mulai Bundaran Patung Pemuda di Jalan Jenderal Sudirman Sampai sekarang Jalan M.H. Thamrin (Bundaran Air Mancur).


“Seperti HBKB biasanya, terdapat 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup Ke arah Jalan Jenderal Sudirman dan M.H. Thamrin. Sangat dianjurkan diantisipasi kerumunan yang lebih banyak, Justru kami Pernah siapkan rekayasa lalu lintas dan ada 74 personel Dishub yang bersiaga di titik-titik tertentu,” kata Syafrin di Jakarta pada Jumat (17/5).

Berikut rekayasa lalu lintas Dishub DKI untuk Minggu (19/5):

Jalan Pintu 1 Senayan; Jalur Lambat, Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu); Jalan Bendungan Hilir; Jalan K. H. Mas Mansyur; Jalan Karet Pasar Baru Timur 5; Kupingan Kolong Sudirman; Jalan Kotabumi & Jalan Baturaja; Jalan Teluk Betung; Jalan Kebon Kacang; Jalan Sunda; Lampu Merah Imam Bonjol; Sumenep Tosari; Landmark (Indocement); Jalan Setiabudi; Jalan Prof. Dr. Satrio; Jalan Masjid (Sampoerna); Jalan Garnisun & Kolong Semanggi; Jalur Lambat, Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu); SCBD; dan Jalan Tulodong Atas 2 samping CIMB.

Akses jalan dari arah timur ke barat dan Tidak seperti yang masih dapat dilintasi, yaitu Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan; Jalan Kebon Sirih dari arah barat.

Sementara, untuk arah dari timur ditutup di Simpang Agus Salim; Jalan K. H. Wahid Hasyim; dan Jalan Galunggung-Penjernihan 1.

Selama kegiatan, rekayasa lalu lintas Berencana diterapkan dengan rute sebagai berikut:

Rekayasa lalu lintas dari selatan ke utara, dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K. S. Tubun-Jalan K. H. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan H. R. Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan K. H. Mas Mansyur-dan seterusnya, berlaku arah Tidak seperti.

Rekayasa lalu lintas dari arah utara ke selatan, dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan M. Ridwan Rais-Jalan Tugu Tani-Jalan Menteng-Jalan Cut Meutia-Jalan Dr. G. S. S. J. Samratulangi-Jalan H. O. S. Cokroaminoto-Jalan H. R. Rasuna Said, atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Saharjo-dan seterusnya.

Rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan Tidak seperti yang masih dapat dilintasi yaitu Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih (Barat-Timur), Jalan K. H. Wahid Hasyim, Jalan Galunggung-Penjernihan 1.




(Foto: Arsip Pemprov DKI)

Lebih jauh, Syafrin mengingatkan bahwa tamu hotel atau kantor kedutaan, serta yang hendak ke rumah sakit di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman Supaya bisa dapat menyesuaikan pengaturan yang Sudah ditetapkan.

Lajur khusus kegiatan Olahraga bagi pesepeda dan pejalan kaki di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman Berencana tetap diadakan.

Terkait fasilitas parkir, Dishub DKI mempersiapkan 41 Tempat. Pengunjung diimbau memarkirkan kendaraan sebelum penutupan Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, yaitu pukul 06.00-10.00 WIB.




Pemprov DKI(Foto: Arsip Pemprov DKI)

Bagi masyarakat yang Berencana Ke arah Tempat kegiatan diimbau untuk menggunakan moda transportasi Bus dengan pengaturan operasional sebagai berikut:

1. Kendaraan Bus Transjakarta koridor 1 pukul 06.00-10.00 WIB.

Dari arah selatan hanya Menyediakan sampai Halte Transjakarta Polda, selanjutnya untuk Ke arah ke arah utara dialihkan melalui: Jalan Jenderal SudirmanJalan Gatot Subroto-Jalan Letjend S. Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-Simpang Harmoni.

Dari arah utara hanya Menyediakan sampai Halte Transjakarta Harmoni, selanjutnya untuk Ke arah ke arah selatan dialihkan melalui: Simpang Harmoni belok kiriJalan Ir. H. Juanda putar balik-Jalan Veteran-Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan-Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya-Jalan Letjend S. Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan Layang Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman.

2. Pola operasi MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta mulai pukul 05.00 WIB, LRT (Lintas Rel Terpadu) Jakarta mulai pukul 05.30, dan KRL (Kereta Rel Listrik) mulai pukul 04.00 WIB.

(rea/rir)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Rekayasa Lalin dan Info Parkir pada Pencanangan HUT ke-497 Jakarta