Survei SKI 2023 Ungkap 5 Provinsi Ini Paling Banyak ke Luar Negeri untuk Berobat

Survei SKI 2023 Ungkap 5 Provinsi Ini Paling Banyak ke Luar Negeri untuk Berobat


Jakarta

Kementerian Kesehatan merilis data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat. Salah satu topik yang diangkat dalam SKI Merupakan minat warga berobat ke luar negeri.

Sesuai aturan hasil SKI 2023, sebanyak 1 dari 1.000 rumah tangga Indonesia pernah mengakses layanan kesehatan luar negeri dalam tiga tahun terakhir. Pelayanan terbanyak yang dilakukan Disebut juga medical check up (MCU)

“Alasan-alasan utamanya, fasilitas di negara tujuan lengkap, layanan sesuai harapan dan layanan itu Mudah tepat dan akurat. Ini menjadi informasi bagi kita semua untuk mengetahui persis kebutuhan masyarakat dan bisa Menyediakan layanan di Indonesia sesuai ekspektasi masyarakat,” ujar Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes RI Syarifah Liza Munira dalam acara Diseminasi Hasil SKI 2023, Rabu (12/6/2024).


Dari survei tersebut, pelayanan kesehatan yang banyak diakses warga Indonesia saat mengunjungi fasilitas kesehatan luar negeri Disebut juga MCU, Perawatan kanker, kesehatan reproduksi, bedah/operasi dan kesehatan tradisional.

“Dari negara-negara yang diakses, yang paling banyak dituju yaitu Malaysia,” tuturnya.



ADVERTISEMENT

Adapun lima provinsi terbanyak mengakses pelayanan ke luar negeri,Disebut juga:

  • Kepri
  • Kalbar
  • Riau
  • Sumut
  • Aceh

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Survei SKI 2023 Ungkap 5 Provinsi Ini Paling Banyak ke Luar Negeri untuk Berobat