Menjelang Kepunahan Kickstarter Kendaraan Bermotor Roda Dua di Indonesia

Menjelang Kepunahan Kickstarter Kendaraan Bermotor Roda Dua di Indonesia


Produsen sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua mulai menghapus fitur kickstarter alias starter injak di berbagai model baru. Kecenderungan ini makin terasa saat Astra Honda Kendaraan Bermotor Roda Dua (AHM) memutuskan melakukan itu pada model baru Beat yang meluncur pekan lalu.

Beat Merupakan model sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua Terfavorit di Indonesia. Penjualannya selama 15 tahun Sebelumnya lebih dari 23 juta unit atau kira-kira 1,5 juta unit per tahun jadi perubahan di ‘Kendaraan Bermotor Roda Dua sejuta umat’ ini setidaknya jadi perhatian banyak orang.

Kickstarter pada Beat terbaru Kenyataannya tak hilang sepenuhnya. Dari empat varian Beat 2024 cuma varian termurah yang masih dibekali fitur itu.

AHM beralasan konsumen Sebelumnya jarang menggunakan kickstarter Mengikuti survei. Meski begitu masih ada varian Beat 2024 yang tersedia kickstarter buat mengakomodasi konsumen yang masih membutuhkannya dan ada kemungkinan dihapus di semua varian pada masa depan.

Tanpa kickstarter membuat berat Kendaraan Bermotor Roda Dua berkurang, pada Beat 2024 menjadi singset 3 kilogram. Diet ini bisa positif untuk efisiensi bahan bakar.

Sekalipun demikian buat konsumen minus kickstarter berarti menyalakan mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua hanya mengandalkan starter elektrik. Hal ini dapat jadi masalah tanpa antisipasi, misalnya ketika baterai (aki) mati tiba-tiba lantaran soak.

Trik kerja

Kickstarter Merupakan mekanisme manual untuk menjalankan satu siklus pembakaran sehingga mesin hidup. Trik menggunakannya dengan menginjak pedal secara berulang Sampai sekarang mesin menyala.

Pada masa itu saat starter elektrik masih menjadi fitur mewah, kickstarter merupakan fitur standar pada hampir semua sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Seiring waktu banyak Kendaraan Bermotor Roda Dua modern tidak lagi menggunakan kickstarter dan beralih ke sistem starter elektrik yang lebih mudah dan nyaman.

Starter elektrik memungkinkan pengendara menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol, mengurangi upaya fisik dan waktu yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin.

Di waktu ini cuma sedikit model Kendaraan Bermotor Roda Dua yang masih menggunakan kickstarter di Indonesia. Dari empat merek Kendaraan Bermotor Roda Dua besar di dalam negeri tinggal Suzuki yang masih sangat mengandalkan fitur ini.

Sementara Honda, Yamaha, Kawasaki masing-masing cuma punya setidaknya tiga model menggunakan kickstarter.

Berikut daftar Kendaraan Bermotor Roda Dua di Indonesia yang masih dijual dengan fitur kickstarter di tahun 2024″

Honda

1. CB 150 Verza
2. Beat CBS
3. CRF 150 L
4. CT 125

Kawasaki

1. KLX 150
2. KLX 150 S
3. KLX 150 SE

Yamaha

1. Vixion
2. Gear 125
3. Mio M3 125
4. XRide 125

Suzuki

1. Satria 150
2. Next II
3. Avenis
4. Nex
5. Nex Cross
6. Address FI
7. Address Playful

(afr/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Menjelang Kepunahan Kickstarter Kendaraan Bermotor Roda Dua di Indonesia