Bisnis  

Seleksi CPNS 2024 Ditargetkan Dibuka Juli

Seleksi CPNS 2024 Ditargetkan Dibuka Juli


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menargetkan seleksi kandidat Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dibuka Juli mendatang. Seleksi bakal dibuka usai penetapan formasi yang diharapkanĀ rampung Juni ini.

Berbeda dari, jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

“Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya Sebelumnya selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa ini (buka seleksi), tapi kita belum tau ya kapan ininya, masih nunggu penetapan dari pak Pembantu Presiden (PAN-RB),” kata Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini di Gedung Lembaga Legislatif, Rabu (12/6).


Rini mengatakan seluruh instansi Sebelumnya mengusulkan formasi ASN yang dibutuhkan. Di waktu ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tengah melakukan validasi data formasi Supaya bisa sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan.

“Nah ini kita masih menunggu nanti kalau memang itu Sebelumnya klop maka kita Akan segera melakukan penetapan (formasi),” katanya.

Meski pembukaaan seleksi CPNS 2024 mundur, Rini yakin rekrutmen bisa dilakukan tiga kali tahun ini.

Sebelumnya, Pembantu Presiden Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan terdapat 1.289.824 total persetujuan prinsip formasi pada 2024 yang terbagi menjadi 427.650 pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jumlah ini Bahkan termasuk talenta digital yang Akan segera ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya Akan segera dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Pembantu Presiden PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” sebut Anas pada konferensi pers pengadaan ASN tahun 2024 di Jakarta, Jumat (3/5) lalu.

(del, fby/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Seleksi CPNS 2024 Ditargetkan Dibuka Juli