8 Ciri Ciri Asam Lambung yang Parah, Nggak Boleh Disepelekan!

8 Ciri Ciri Asam Lambung yang Parah, Nggak Boleh Disepelekan!

Jakarta

Sesuai namanya, penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) Merupakan kondisi naiknya asam dari lambung ke kerongkongan atau esofagus.

Penyakit kronis pada sistem pencernaan ini, seringkali menimbulkan gejala dan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Terlebih, Manakala asam lambung yang dialami Sebelumnya mencapai tahap parah.

Gejala atau ciri-ciri asam lambung yang parah tentunya tak boleh disepelekan, karena dapat membahayakan kesehatan Manakala tidak segera ditangani. Mari kenali ciri-ciri asam lambung kronis dalam artikel berikut.

Ciri-ciri Asam Lambung Parah

Dilansir dari laman Healthline, berikut ini beberapa ciri-ciri asam lambung parah yang Sangat dianjurkan diwaspadai:


1. Nyeri di Bagian Dada

Nyeri dada (heartburn) akibat asam lambung biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri dan terbakar di bagian tengah, bawah, atau di belakang tulang dada.

Sensasi terbakar ini bersumber dari naiknya asam lambung ke kerongkongan. Pada kondisi asam lambung yang parah, nyeri dada Berniat muncul lebih intens dan terasa lebih menyakitkan.

2. Nyeri Saat Menelan

Ciri-ciri berikutnya yang dapat muncul pada kondisi asam lambung kronis Merupakan nyeri saat menelan atau dalam istilah medis disebut disfagia. Disfagia merupakan dampak langsung dari peradangan yang terjadi di lapisan esofagus atau kerongkongan.

Selain rasa nyeri saat menelan saliva atau makanan, gejala ini Bahkan kerap membuat pengidapnya tersedak, sakit tenggorokan, dan merasa seperti ada makanan yang menyangkut di kerongkongan.



ADVERTISEMENT

Tak jarang penderita asam lambung parah mengalami penurunan berat badan. Pasalnya, gejala mual, muntah dan kesulitan atau nyeri saat menelan yang muncul akibat GERD seringkali membuat pengidap asam lambung kehilangan nafsu makan,sehingga berat badan pun dapat berkurang drastis.

4. Batuk Parah

Batuk termasuk komplikasi GERD yang merupakan akibat dari refluks asam lambung yang parah. Dikutip dari situs Gerd-diet.com, biasanya, kondisi batuk diikuti dengan gejala asam lambung lainnya.

Manakala batuk tidak kunjung sembuh dan disertai gejala lain, disarankan untuk segera periksakan diri ke dokter.

5. Anemia

Kondisi penyakit asam lambung yang parah Bahkan diindikasikan oleh anemia. Komplikasi ini dapat muncul karena produksi asam lambung yang menghambat penyerapan zat besi.

Lebih lanjut, naiknya asam lambung Bahkan dapat menimbulkan luka yang berdampak pada berkurangnya darah. Alhasil, terjadi kondisi defisiensi zat besi atau anemia.

6. Radang Gusi

Refluks asam lambung rupanya Bahkan bisa memengaruhi bagian mulut, tak terkecuali gusi dan gigi. Dilansir dari situs Weldondentistry, asam lambung yang bergerak ke kerongkongan berpotensi masuk ke mulut. Kemudian dari mulut, asam pun Berniat menggerogoti enamel gigi serta mengakibatkan radang gusi.

7. Feses Berwarna Hitam

Mengikuti penjelasan pada laman Singlecare, gangguan asam lambung merupakan faktor umum yang mengakibatkan tinja berwarna hitam.

Hal ini karena refluks asam lambung dapat mengubah darah merah menjadi hitam. Kondisi ini biasa disebut melena, yaitu darah menghitam yang mengendap dan menjadikan feses berubah warna.

8. Mual dan Muntah

Naiknya asam lambung seringkali membuat pengidapnya merasakan sensasi asam pada mulut mereka. Rasa asam di mulut, disertai dengan batuk dan sendawa akibat refluks asam dapat memicu mual Sampai saat ini muntah. Mual yang dirasakan bisa semakin parah Manakala diikuti dengan gejala nyeri ulu hati atau heartburn yang disebut sebelumnya.

Ciri-ciri yang disebutkan di atas merupakan kondisi yang tak bisa dibiarkan dan Sangat dianjurkan Mudah mendapatkan penanganan medis. Oleh karena itu, Jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter atau IGD Supaya bisa komplikasi yang dirasakan tidak semakin memburuk.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 8 Ciri Ciri Asam Lambung yang Parah, Nggak Boleh Disepelekan!