Bisnis  

Kontribusi Pertamina untuk Penerimaan Negara Capai Rp426 T

Kontribusi Pertamina untuk Penerimaan Negara Capai Rp426 T


PT Pertamina (Persero) memberi kontribusi Sampai sekarang Rp425,5 triliun terhadap penerimaan negara pada 2023, yang antara lain berasal dari pembayaran Retribusi Negara dan dividen.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, Pertamina sebagai BUMN turut ambil peran dalam perekonomian nasional, termasuk keharusan untuk taat membayar Retribusi Negara.

“Kontribusi kami terhadap penerimaan fiskal ini seiring dengan pertumbuhan Usaha Pertamina yang baik. Kami meyakini, komitmen Pertamina untuk menjalankan praktik Usaha yang bertanggung jawab, termasuk pada kepatuhan pada aturan perpajakan, mencerminkan kemampuan Pertamina dalam pengelolaan keuangan yang sehat dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Fadjar.


Adapun penerimaan negara dari Pertamina terdiri dari pembayaran Retribusi Negara sebanyak Rp224,53 triliun, Dikenal sebagai Retribusi Negara Penghasilan (PPh), Retribusi Negara dibayar di muka, Retribusi Negara pertambahan nilai (PPN) keluaran, custom atau bea masuk, dan Retribusi Negara daerah.

Penerimaan lainnya berasal dari Penerimaan Negara Bukan Retribusi Negara (PNBP) sebesar Rp66,17 triliun, dividen dan signature bonus sebesar Rp14,03 triliun.

Kemudian, kontribusi lain yang diberikan Pertamina Merupakan dalam bentuk Minyak Mentah dan Kondensat Bagian Negara (MMKBN) yang pada tahun 2023 mencapai Rp120,79 triliun.

Selain taat Retribusi Negara, Pertamina Bahkan berkontribusi pada implementasi program kewajiban Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pada 2023, Pertamina Group menyerap TKDN sebesar Rp374 triliun, atau mencapai 47 persen dari total TKDN BUMN secara nasional.

Fadjar menegaskan, komitmen Pertamina dalam TKDN bertujuan mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

“Dengan kontribusi Pertamina kepada negara dan industri ini, diharapkan dapat Membantu multiplier effect yang positif bagi masyarakat, menggerakkan industri di Tanah Air dan mendorong perekonomian nasional,” kata Fadjar.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kontribusi Pertamina untuk Penerimaan Negara Capai Rp426 T