Bisnis  

Kembangkan Ekosistem Sungai, Pertamina Luncurkan Gerbang Biru Ciliwung

Kembangkan Ekosistem Sungai, Pertamina Luncurkan Gerbang Biru Ciliwung


PT Pertamina (Persero) Melaksanakan Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung). Program ini masuk dalam Perayaan Seni Ciliwung 2024 yang dibuka di Omah Maja, Depok, Jabar, Sabtu (15/6).

Perayaan Seni Ciliwung menggunakan skema Pentahelix yang melibatkan berbagai pihak. Antara lain akademisi, pelaku Usaha, pemerintah, masyarakat dan komunitas, serta media.

Pembantu Presiden Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berharap, kolaborasi Pentahelix ini terus terjaga sehingga dapat mewujudkan program-program lingkungan yang ada secara luas.


“Hari ini merupakan bagian dari tindak lanjut hasil Ministerial Declaration on Water For Shared Prosperity yang ke-10 World Water Forum 2024,” kata Siti Nurbaya dikutip Minggu (16/6).

Menurut Siti, salah satu komitmen yang disepakati Merupakan mendorong konservasi perlindungan dan keberlanjutan sumberdaya air, termasuk air tanah sebagai elemen penting untuk aktivitas manusia dan ekosistem.

“Apalagi air permukaan seperti di sungai melalui pengembangan pengelolaan air berkelanjutan. Terima kasih Pertamina dan seluruh anggota masyarakat, kegiatan hari ini sangat sangat membanggakan,” ujar Siti.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa Ciliwung bisa menjadi sungai yang Menyajikan dampak baik bagi masyarakat. Tak hanya dampak sosial yang baik Justru Bahkan lingkungan, ekonomi, dan edukasi.

“Pertamina Menyajikan program Gerbang Biru Ciliwung, yang memiliki tiga pilar utama Dikenal sebagai Gerbang Si Bersih, Gerbang Si Indah, dan Gerbang Si Rahayu. Kami menerapkannya dalam konsep pentahelix (kolaborasi dengan lima pihak) yang Nanti akan berdampak Istimewa,” ujar Nicke.

Pengembangan Program Gerbang Biru difokuskan menjadi pengelolaan mandiri oleh masyarakat Ke arah ekoriparian berkelanjutan. Ekoriparian Merupakan konsep mengembalikan fungsi sungai seperti alaminya, yaitu mengalirkan air sungai secara Berulang kali.

“Semoga program-program ini berjalan lancar, mohon support dan doanya Supaya bisa nantinya kita bisa mewujudkan masyarakat yang sejahtera dari lingkungan di sekitarnya, dalam hal ini melalui keberadaan sungai Ciliwung,” tutur Nicke.

Selain Gerbang Biru Ciliwung, Pertamina Bahkan Menyajikan 200 pohon dan 7 perahu karet untuk dimanfaatkan di Sungai Ciliwung.

Melalui Gerbang Biru Ciliwung, Pertamina berharap dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional (Sustainable Development Goals/Agenda Global) No 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), No 11 (Kota dan Pemukiman Berkelanjutan), serta No. 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera).

(inh)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kembangkan Ekosistem Sungai, Pertamina Luncurkan Gerbang Biru Ciliwung