Bisnis  

Shopee Bantu Pelaku Ekonomi Kecil Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024

Shopee Bantu Pelaku Ekonomi Kecil Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024


Pertumbuhan Usaha Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Pelaku Ekonomi Kecil) dan brand lokal di awal 2024 menunjukkan tren positif, bahkan menjadi sorotan utama dalam lanskap Peningkatan Ekonomi.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop Pelaku Ekonomi Kecil), kontribusi Pelaku Ekonomi Kecil terhadap PDB Indonesia mencapai 61%. Hal ini menandakan peran krusial Pelaku Ekonomi Kecil dalam mendorong perekonomian negara.

Adapun faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini Merupakan Teknologi Digital, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran signifikan Perdagangan Elektronik, khususnya Shopee.


Komitmen Shopee terhadap kemajuan Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal Pernah berlangsung terlihat sejak awal. Buktinya, pada 2023, 84 persen penjual di Shopee berasal dari Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal, dengan 93 persen total transaksi didominasi oleh produk lokal.

Shopee Bahkan mencatat pencapaian gemilang dengan menyambut lebih dari 500.000 penjual Pelaku Ekonomi Kecil baru di tahun 2023. Hal ini menunjukkan kepercayaan dan antusiasme tinggi para pelaku usaha kecil dalam memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Berbagai inovasi berkelanjutan Pernah diciptakan guna Mendukung bertransformasi dan Mengoptimalkan daya saing usaha serta Mengoptimalkan eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional.

Sebagai bentuk komitmen, berikut Shopee bagikan laporan tren pertumbuhan Pelaku Ekonomi Kecil serta brand lokal di awal 2024:

  • Shopee menghadirkan akses yang mudah dan inklusif demi menciptakan peluang Supaya bisa Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program yang menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan dari Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal Sampai saat ini 4 kali lipat selama puncak Sosialisasi Politik di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
  • Demi meraih pangsa pasar global melalui digital yang inklusif, Shopee Bahkan menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Penjualan Barang ke Luar Negeri di mana lebih dari 26 juta produk lokal Pernah diekspor ke berbagai negara. Tak berhenti di situ, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.
  • Terus berinovasi Menyajikan dampak nyata, Shopee Berhasil mendorong pertumbuhan Usaha Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal melalui fitur interaktif. Shopee Live Menyajikan wadah bagi penjual dan pembeli berinteraksi secara real-time dan menjelaskan produknya saat live stream. Respons positif ini terlihat dari lonjakan produk lokal yang terjual lebih dari 13 kali Lipat melalui

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, banyak cerita baru sepanjang perjalanan Sampai saat ini pertengahan 2024 ini. Untuk itu, Shopee merasa bangga bisa menjadi bagian dari banyak kisah kesuksesan Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal.

“Menyaksikan mereka terus berkembang dan berinovasi dalam menciptakan produk Unggul dan berhasil Memperjelas jangkauan pasarnya, memotivasi kami untuk terus Menyajikan dukungan Unggul bagi pelaku usaha lokal melalui berbagai program,” ujarnya dikutip Jumat (14/6).

Dukungan itu, kata Ia, melalui berbagai program, Sosialisasi Politik, dan fitur interaktif, Sampai saat ini pelatihan yang bisa membimbing para Pelaku Ekonomi Kecil dan brand lokal semakin berdaya saing.

“Kami optimis di sisa pertengahan tahun 2024 ini Nanti akan semakin menarik dengan berbagai terobosan baru, serta dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, kita bisa saling menciptakan Usaha yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif,” ujarnya.

(inh)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Shopee Bantu Pelaku Ekonomi Kecil Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024