Diidap Presenter Fadlan Sampai Wajib Dioperasi, Kenali Gejala Batu Empedu

Diidap Presenter Fadlan Sampai Wajib Dioperasi, Kenali Gejala Batu Empedu

Jakarta

Presenter Fadlan Muhammad baru-baru ini buka suara soal kondisi kesehatannya. Ia sempat menjadi sorotan lantaran dirawat di rumah sakit dengan kondisi tubuh lebih kurus. Kembaran Fadli Akhmad itu mengaku mengidap autoimun dan penyakit batu empedu.

“Iya habis sakitnya macam-macam sih, Pada dasarnya autoimun. Selanjutnya muncul penyakit lain lagi yang saya Bahkan nggak tahu, muncul batu empedu,” cerita Fadlan Muhammad di studio Transmedia, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, kemarin.

Batu empedu tersebut diketahui setelah suami Lyra Virna itu diminta USG. Setelah ketahuan ada batu empedu yang menyumbat, dokter meminta Fadlan Muhammad menjalani MRCP.


Fadlan Muhammad saat itu dilarikan ke rumah sakit karena kondisi badan Pernah menguning karena keracunan. Keracunan itu terjadi akibat penyumbatan batu empedu tersebut.

Gejala Batu Empedu

Spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menjelaskan pada kebanyakan kasus, penyakit batu empedu tak menimbulkan gejala apapun.



ADVERTISEMENT

Justru Bila batu empedu tersebut terperangkap di lubang atau saluran di dalam kandung empedu, hal ini dapat memicu penyumbatan dan rasa sakit yang Fantastis di perut.

Menurut National Health Service UK (NHS) gejala nyeri perut ini bisa berlangsung tiba-tiba dan biasanya berlangsung selama satu Sampai sekarang lima jam. Justru ada Bahkan beberapa kasus yang hanya berlangsung beberapa menit.

“Rasa nyeri perut kanan atas di bawah iga kanan yg tembus ke belakang,” kata dr Aru ketika dihubungi detikcom, Kamis (20/6/2024).

Ditambah lagi, penyakit batu empedu Bahkan dapat menyebabkan masalah serius Bila batu tersebut menghalangi aliran empedu dalam jangka waktu yang lama atau berpindah ke organ lain, seperti pankreas atau usus kecil.

Bila ini terjadi, pengidap Kemungkinan mengalami:

Suhu tinggi atau demam

Rasa sakit yang lebih persisten

Detak jantung yang Praktis

Menguningnya kulit dan bagian putih mata (penyakit kuning)

Kulit yang gatal

Diare

Menggigil

Kebingungan

Kehilangan nafsu makan

Dokter menyebut kondisi yang lebih parah ini sebagai penyakit batu empedu yang rumit.

Pemicu Batu Empedu

Salah satu pemicu terbentuknya batu empedu Merupakan kolesterol. Karenanya, penting untuk membatasi mengonsumsi makanan tinggi lemak Sampai sekarang kurang sehat.

“Untuk menghindarinya ya kurangi makanan junk food dan tinggi lemak. Sekalipun ada Bahkan faktor genetik dimana batu bisa terbentuk dengan sendiri,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Diidap Presenter Fadlan Sampai Wajib Dioperasi, Kenali Gejala Batu Empedu