21 Juni Hari Yoga Internasional, Kenali Manfaat Yoga untuk Kesehatan

21 Juni Hari Yoga Internasional, Kenali Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Jakarta

Hari Yoga Internasional atau International Yoga Day Merupakan momen yang diperingati pada 21 Juni setiap tahun. Hari Yoga Internasional ini bertujuan untuk Mengoptimalkan kesadaran orang-orang Berencana manfaat dan pentingnya yoga bagi kesehatan fisik maupun mental.

Dikutip dari Medical News Today, yoga Merupakan latihan yang mengkombinasikan antara postur fisik, meditasi, dan teknik pernapasan. Praktik yoga sendiri Pernah berlangsung ada sejak ribuan tahun lalu, dan diyakini berasal dari India.

Di waktu ini Bahkan, yoga merupakan salah satu Gerakan yang paling populer di dunia. Yoga pun terus berkembang seiring zaman, dan dipadukan dengan berbagai latihan aerobik atau gerakan dinamis lain untuk Mengoptimalkan manfaat kesehatannya.


Sejarah Hari Yoga Internasional

Dikutip dari National Today, Hari Yoga Internasional pertama kali digagas oleh Perdana Pembantu Presiden India, Narendra Modi melalui pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 September 2014. Pada pidato tersebut, Modi mengatakan yoga tidak hanya sekadar bagian dari Kearifan Lokal kuno, melainkan pendekatan holistik yang berharga untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Lalu pada 11 Desember 2014, PBB melalui resolusi 69/131 mengumumkan 21 Juni diperingati sebagai Hari Yoga Internasional. Tanggal 21 Juni dipilih lantaran merupakan Summer Sostice, Dikenal sebagai hari ketika matahari berada di titik paling utara sehingga menyebabkan siang hari berlangsung lebih lama.



ADVERTISEMENT

Di perayaan Hari Yoga Internasional pertama pada 21 Juni 2015, Modi dan tokoh politik terkenal lain dari seluruh dunia melakukan 21 asana (postur yoga) selama 35 menit di New Delhi, India.

Tema Hari Yoga Internasional 2024

Tahun ini, Hari Yoga Internasional mengusung tema ‘Yoga for Self and Society’ atau ‘Yoga untuk Diri Sendiri dan Masyarakat’. Tema ini menekankan manfaat ganda dari latihan yoga, Dikenal sebagai Mengoptimalkan kesejahteraan pribadi dan masyarakat secara luas.

Tema ini Bahkan menyoroti pentingnya ketenangan batin dan kepedulian diri sebagai landasan untuk kehidupan yang Sejahtera dan sehat. Melalui yoga, orang-orang diajarkan untuk mengendalikan emosi, mengurangi stres, dan mengembangkan kesadaran diri.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berbeda dengan Gerakan kebanyakan, yoga tidak hanya bertujuan Mengoptimalkan kesehatan fisik, tapi Bahkan kesejahteraan mental. Bahkan, yoga kerap dikaitkan sebagai Gerakan yang cocok untuk menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari latihan yoga:

  1. Mengoptimalkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh
  2. Membantu mengatasi nyeri punggung
  3. Meredakan gejala arthritis
  4. Mengoptimalkan kesehatan jantung
  5. Membantu tubuh lebih rileks
  6. Mengoptimalkan kualitas tidur
  7. Mengoptimalkan suasana hati
  8. Membantu mengelola stres
  9. Mengoptimalkan kesehatan mental secara keseluruhan
  10. Menguatkan imun tubuh
  11. Mengoptimalkan kesehatan kardiovaskular
  12. Menguatkan tulang
  13. Memperbaiki postur tubuh
  14. Menunjang fungsi otak

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 21 Juni Hari Yoga Internasional, Kenali Manfaat Yoga untuk Kesehatan