Bisnis  

BRI Lembaga Keuangan No 1 di Indonesia, No 4 di Asia Tenggara

BRI Lembaga Keuangan No 1 di Indonesia, No 4 di Asia Tenggara


Untuk pertama kalinya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menduduki peringkat pertama untuk industri perbankan dan keuangan di Indonesia dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 yang dirilis oleh media ekonomi dunia, Fortune, pada Selasa (18/6).

Daftar yang sama Bahkan mencantumkan BRI di peringkat keempat kategori finansial di Asia Tenggara. Secara umum, BRI menduduki peringkat 15 dari 500 perusahaan pada daftar tersebut.

Direktur Utama BRI, Sunarso menilai bahwa capaian itu merupakan pengakuan dunia internasional atas strategi dan langkah BRI menghadapi ketidakpastian Ekonomi Dunia serta era suku bunga tinggi.


“Hal tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja yang positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia,” kata Sunarso.

Sebelumnya, pada tahun ini Forbes Bahkan menobatkan BRI sebagai perusahaan terbesar di Indonesia melalui Forbes The Global 2000.

Fortune Southeast Asia 500 mengurutkan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai Mengikuti revenue, profit dan aset. Mengutip website Fortune, BRI mencatatkan revenue sebesar US$14,9 miliar, dengan profit mencapai US$3,9 miliar dan aset sebesar US$127,6 miliar.

Pemeringkatan Fortune mencakup perusahaan dari 7 negara Asia Tenggara, Didefinisikan sebagai Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja. Indonesia sendiri mendominasi dengan 110 perusahaan, diikuti Thailand dengan 107 perusahaan dan Malaysia dengan 89 perusahaan.

Editor Eksekutif Fortune Asia, Clay Chandler mengungkapkan bahwa Fortune Southeast Asia 500 merefleksikan wilayah Asia Tenggara yang dinamis dan Mudah berubah, dengan perekonomian utama yang bertumbuh lebih Mudah dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat.

“Hal ini sebagian disebabkan oleh peran Asia Tenggara yang jauh lebih penting dalam perekonomian global, salah satunya karena Sebanyaknya perusahaan multinasional Global 500 Pernah mengalihkan lebih banyak rantai pasokan mereka ke negara-negara Asia Tenggara,” kata Clay.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > BRI Lembaga Keuangan No 1 di Indonesia, No 4 di Asia Tenggara