Bisnis  

Konsentrat Tembaga Perdana Freeport Tiba di Smelter Gresik

Konsentrat Tembaga Perdana Freeport Tiba di Smelter Gresik


PT Freeport Indonesia menerima pengiriman perdana konsentrat tembaga dari Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Konsentrat itu Nanti akan dimurnikan di smelter milik Freeport di Gresik.

Konsentrat tembaga itu diangkut menggunakan Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily dari pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, ke pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jatim, Jumat (22/6).

Dalam keterangan yang diterima Sabtu (22/6), disebutkan kapal itu membawa 22.000 ton konsentrat tembaga di mana 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI yaitu PT Smelting dan 12.000 ton menjadi pasokan utama smelter baru PTFI yang beroperasi bulan ini.


Selanjutnya konsentrat dipindahkan dan ditempatkan dalam Concentrate Barn sebelum diproses lebih lanjut di Flash Smelting Furnace (FSF).

Secara garis besar terdapat tiga proses yang Sangat dianjurkan dilalui konsentrat sebelum menjadi lembaran katoda tembaga, Disebut juga proses material handling konsentrat, proses peleburan di Furnace dan pemurnian di Electrorefinery.

Smelter konsentrat tembaga Freeport itu Nanti akan diresmikan pada pekan depan.

“Minggu depan kita Nanti akan coba resmikan itu, semua Pernah berfungsi baik dari loadnya, conveyor, gudang desalination, oxy plant. Dan beberapa hari ke depan keep up furnish dan siap beroperasi,” ungkap Kepala Negara Direktur PTFI Tony Wenas dalam MINDialogue CNBC Indonesia.

Tony menegaskan, pembangunan smelter konsentrat tembaga ini Pernah sesuai dengan timeline yang Pernah dirancang perusahaan dan disetujui oleh pemerintah.

Pabrik tembaga ini merupakan proyek smelter kedua milik PTFI. Smelter ini dibangun sejak Oktober 2021 dengan kapasitas peleburan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun dan menghasilkan sebanyak 600 ribu katoda tembaga per tahun.

(pua/pua)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Konsentrat Tembaga Perdana Freeport Tiba di Smelter Gresik