11 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Unggul dan Panjang Umur

11 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Unggul dan Panjang Umur

Jakarta

Memiliki tubuh yang Segar dan sehat, serta usia yang panjang Merupakan harapan setiap orang. Tidak seperti untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan usaha yang konsisten.

Meski umur panjang sering kali dianggap di luar kendali, ada beberapa kebiasaan sehat yang Kenyataannya Bahkan bisa Membantu memperpanjang usia.

Dikutip dari Healthline, berikut 12 kebiasaan yang dapat Mengoptimalkan kesehatan dan memperpanjang umur.


1. Membatasi Kalori

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pengurangan 10-50 persen asupan kalori normal dapat Mengoptimalkan usia maksimum. Studi tentang populasi manusia yang terkenal dengan umur panjang Bahkan menemukan hubungan antara asupan kalori rendah dengan umur yang lebih panjang dan risiko penyakit yang lebih rendah.

Pembatasan kalori Bahkan dapat Membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut, yang keduanya berhubungan dengan umur yang lebih pendek. Tidak seperti, pembatasan kalori jangka panjang sering kali tidak berkelanjutan dan dapat menimbulkan efek samping negatif seperti meningkatnya rasa lapar, suhu tubuh rendah, dan berkurangnya gairah seks. Oleh karena itu, dampak pembatasan kalori pada penuaan dan umur panjang masih Wajib dipelajari lebih lanjut.



ADVERTISEMENT

2. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang kaya Berencana protein, serat, antioksidan, dan berbagai vitamin serta mineral. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Studi Bahkan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi kacang-kacangan per minggu memiliki risiko kematian dini 39 persen lebih rendah.

3. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit mengandung senyawa bioaktif kuat bernama kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kurkumin dikaitkan dengan peningkatan umur panjang pada serangga dan tikus.

Studi pada manusia Bahkan menunjukkan bahwa kurkumin dapat Membantu mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit inflamasi, gangguan neurodegeneratif, dan kondisi lainnya bagi kesehatan.

4. Mengonsumsi Makanan Nabati yang Sehat

Diet yang kaya Berencana makanan nabati seperti buah, sayur, kacang, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit dan memperpanjang umur. Banyak penelitian mengaitkan diet nabati dengan risiko kematian dini yang lebih rendah, serta risiko yang lebih rendah terhadap kanker, sindrom metabolik, penyakit jantung, depresi, dan penurunan fungsi otak.

Vegetarian dan vegan cenderung memiliki risiko kematian dini 12-15 persen lebih rendah dibandingkan pemakan daging.

5. Tetap Aktif Secara Fisik

Berolahraga hanya selama 15 menit per hari Bahkan dapat menjadi pilihan. Dikutip dari Healthline, dengan berolahraga, dapat menambah usia Sampai saat ini tiga tahun dan mengurangi risiko kematian dini sebesar 4 persen untuk setiap tambahan 15 menit Olahraga harian.

Orang yang melakukan Olahraga 150 menit per minggu memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil mengalami kematian dini, dan mereka yang melebihi panduan ini memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah lagi.

6. Jangan Merokok

Merokok sangat terkait dengan penyakit dan kematian dini. Orang yang merokok dapat kehilangan Sampai saat ini 10 tahun kehidupan dan tiga kali lebih Mungkin meninggal sebelum waktunya dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Berhenti merokok pada usia berapa pun dapat memperpanjang umur, dengan manfaat yang lebih besar Manakala berhenti pada usia lebih muda.

7. Memprioritaskan Kebahagiaan

Merasa Senang dapat Mengoptimalkan umur panjang secara signifikan. Studi menunjukkan bahwa individu yang lebih Senang memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah. Selain dapat menurunkan risiko kematian dini, kebahagiaan Bahkan bermanfaat bagi kesehatan yang lebih baik dan penurunan risiko berbagai penyakit.

8. Hindari Stres dan Kecemasan Kronis

Kecemasan dan stres kronis dapat menurunkan umur secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami stres atau kecemasan memiliki risiko dua kali lipat untuk meninggal akibat penyakit jantung, stroke, atau kanker paru-paru. Laki-laki yang stres atau cemas Bahkan memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi.

9. Pelihara Lingkaran Sosial

Menjaga jaringan sosial yang sehat dapat Mengoptimalkan peluang untuk bertahan hidup Sampai saat ini 50%. Memiliki hubungan sosial yang baik Bahkan dikaitkan dengan fungsi jantung, otak, hormon, dan kekebalan tubuh yang lebih baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

10. Minum Kopi atau Teh

Baik kopi maupun teh dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Teh hijau, misalnya, dapat mengurangi risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung, sementara kopi dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Peminum kopi dan teh Bahkan memiliki risiko kematian dini 20-30 persen lebih rendah.

Tidak seperti Wajib diingat, bahwa Berlebihan kafein Bahkan dapat menyebabkan kecemasan dan insomnia, jadi anjuran batas yang disarankan yaitu 400 mg per hari atau sekitar 4 cangkir kopi.

11. Menerapkan Pola Tidur yang Baik

Tidur yang cukup dan Unggul penting untuk kesehatan dan umur panjang. Pola tidur yang teratur dan durasi tidur yang optimal (tidak kurang dari 5-7 jam dan tidak lebih dari 8-9 jam per malam) sangat berkaitan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Tidur yang cukup Bahkan dapat mengurangi peradangan dan risiko berbagai penyakit kronis.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 11 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Unggul dan Panjang Umur