Alasan Jangan Semprot Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua Pakai Angin Kompresor Saat Ganti Oli

Alasan Jangan Semprot Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua Pakai Angin Kompresor Saat Ganti Oli


Saat melakukan pergantian oli sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua Anda Kemungkinan kerap melihat mekanik menyemprotkan angin dari mesin kompresor ke lubang pengisian oli untuk mengeluarkan sisa oli terendap di blok mesin. Tips ini sebaiknya dihindari karena diyakini merugikan kesehatan tunggangan.

Biasanya mekanik melakukan hal ini biar proses penggantian oli lebih Ekonomis. Bila oli lama segera terkuras karena disemprot angin kompresor maka oli baru bisa lekas dituang.

Mengeluarkan sisa oli dengan Tips disemprot angin bertekanan Mungkin efektif, tetapi bagi mesin ada sisi negatifnya.

Produsen Kendaraan Bermotor Roda Dua terbesar di Indonesia, Astra Honda Kendaraan Bermotor Roda Dua, melalui situs resminya menjelaskan angin kompresor mengandung air. Kandungan ini disebut bisa tertinggal di blok mesin saat penyemprotan.

Air yang tertinggal dikatakan dapat memengaruhi kerja oli baru melakukan pelumasan pada komponen mesin. Apalagi, menyemprotkan angin kompresor ke dalam lubang oli bisa menyebabkan kotoran atau partikel kecil dari filter oli masuk kembali ke mesin.

Pada dasarnya sebagian besar oli lama bisa terkuras ketika lubang keluar yang berada di bagian bawah dibuka. Sisa oli yang tertinggal pun umumnya sangat sedikit dan bisa lumrah tak Sangat dianjurkan dikuras.

Walau demikian bila Anda tetap Ingin menguras sisa oli lama sebaiknya menunggu semua mengalir melalui lubang keluar secara alami sampai tetes terakhir.

Proses ini Bahkan bisa dilakukan dengan Tips mengengkol kick starter beberapa kali dengan posisi kontak mesin dalam posisi mati.




INFOGRAFIS Jangan Semprot Angin Bagian Dalam Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua Saat Ganti Oli. (CNNIndonesia/Agder Maulana)

(afr/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Alasan Jangan Semprot Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua Pakai Angin Kompresor Saat Ganti Oli