Antusias Ibu-ibu Temanggung Pasang KB Gratis, Implan Banyak Diminati

Antusias Ibu-ibu Temanggung Pasang KB Gratis, Implan Banyak Diminati


Temanggung

Puluhan ibu di Desa Gandon, Kabupaten Temanggung, Jateng terlihat antusias mengikuti program pemasangan KB implant dan intra uterine device (IUD). Program ini diadakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berkolaborasi dengan TNI AD.

Program ini dilaksanakan BKKBN dan TNI AD untuk memperingati Hari Kontrasepsi sedunia 2024.

Saling banyaknya peminat, Kepala Bidang P3AKB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana) Kabupaten Temanggung Tri Agus Sutopo mengatakan pihaknya tidak bisa menerima semua ibu-ibu yang ingin mendapatkan KB.


“Antusiasme warga dalam kegiatan ini sangat tinggi. Hanya saja kami tidak bisa Menyediakan semua karena adanya keterbatasan waktu dan tempat,” ujar Tri Agus kepada detikcom di Desa Gandon, Kabupaten Temanggung, Kamis (26/9/2024).

“Hari ini saja kami Pernah Menyediakan 60 orang. Kami Pernah Menyediakan ini Pernah dua hari lalu, ya totalnya Mungkin 150 lebih,” lanjut Ia.

Pada kegiatan ini masyarakat bisa memilih untuk mendapatkan KB implan atau IUD. KB implant efektif sampai dengan tiga tahun, sedangkan IUD bisa sampai 5 Sampai sekarang 8 tahun.

“Yang Pernah Jelas (pendaftar) di bawah 49 tahun karena kan masih usia subur. Rata-rata 30 sampai 40 tahun,” katanya.

Lilis (36) yang Pernah dua kali menjalani pemasangan KB implant mengatakan tidak ada efek samping ketika alat kontrasepsi tersebut dipasangkan di bawah kulit lengannya.

“Nggak ada (efek samping), biasa saja. Paling nanti kemeng (linu atau pegal) setelah habis biusnya,” ujar Lilis.

Lilis yang Pernah memiliki dua anak berusia 18 tahun dan 9 tahun mengatakan pemasangan KB ini sebagai upaya Supaya bisa Ia tidak ‘kecolongan’.

“Biar nggak repot mas, suami Bahkan udah nggak Ingin (punya anak),” katanya sambil sedikit tertawa.

Sementara itu, Anik (30) mengatakan keputusannya memilih KB implant tersebut dibanding jenis lain karena dirinya menganggap minim rasa sakit. Ditambah lagi, Anik Bahkan ingin menjaga jarak kelahiran buah hatinya.

“Baru (melahirkan), anak saya masih empat bulan. Milih KB implant karena katanga nggak sakit. Udah disosialisasi Bahkan sebelumnya,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Antusias Ibu-ibu Temanggung Pasang KB Gratis, Implan Banyak Diminati