Arti Kode Merah SCV 1 di Pelat Nomor Innova Zenix Paus Fransiskus

Arti Kode Merah SCV 1 di Pelat Nomor Innova Zenix Paus Fransiskus


Jakarta, CNN Indonesia

Pelat nomor SCV 1 di Toyota Kijang Innova Zenix putih yang ditumpangi Paus Fransiskus di Indonesia memiliki arti khusus. Pelat nomor ini menyimbolkan Kendaraan Pribadi hybrid itu milik Vatikan.

Paus menggunakan Innova Zenix Hybrid selepas mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (3/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia beserta rombongan tiba di bandara sekitar pukul 11.25 WIB. Setelah upacara penyambutan, Ia langsung meninggalkan bandara menggunakan MPV Terfavorit di Indonesia itu.

Innova Zenix Hybrid ini langsung menjadi Kendaraan Pribadi kenegaraan. Di bagian depannya tersemat bendera Vatikan dan Indonesia lalu di pelat nomor tertera SCV 1 di bagian depan dan belakang Kendaraan Pribadi.

SCV merupakan akronim Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Bagian Kota Vatikan. Ini merupakan pelat nomor resmi terdaftar di Kota Vatikan yang dimiliki pemerintah.

Angka 1 pada pelat nomor SCV 1 di Innova Zenix merujuk pada Vatikan 1 yang berarti digunakan oleh orang nomor wahid di negara itu, yaitu Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik dan sekaligus kepala negara Vatikan. Jadi hal ini mirip aplikasi Indonesia RI 1 yang dipakai Kepala Negara Joko Widodo.

Kemudian tulisan SCV 1 pada Kendaraan Pribadi Toyota Innova Zenix yang dinaiki Paus Fransiskus berlatar putih dengan tulisan merah. Ini merupakan ciri khusus pelat nomor yang dipakai jajaran pemerintahan.




Kendaraan Pribadi yang membawa Paus Fransiskus melintas di Jalan Medan Merdeka Timur sebelum memasuki kompleks Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Vatikan Bahkan punya kode pelat nomor lain yaitu CV yang berarti Civitatis Vaticanae atau Kota Vatikan. Kode ini digunakan untuk kendaraan pribadi, misalnya CV 1234, dengan latar putih dan tulisan hitam.

Paus Berencana berada di Indonesia selama tiga hari Disebut juga pada 3-6 September. Tak hanya menunggangi Innova Zenix Hybrid, Paus Bahkan Berencana menunggangi kendaraan taktis besutan Pindad, Maung MV3 Tangguh yang disulap menjadi Popemobile untuk menyapa umat Katolik saat misa di Arena Pertandingan Gelora Bung Karno (GBK). Popemobil ini Bahkan Berencana dipasangi pelat nomor SCV 1. 

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Arti Kode Merah SCV 1 di Pelat Nomor Innova Zenix Paus Fransiskus