Bisnis  

Asyik, QRIS Segera Bisa Dipakai Belanja di Korsel

Asyik, QRIS Segera Bisa Dipakai Belanja di Korsel


Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia dan Korea Selatan sepakat menghubungkan QR code pembayaran antarnegara. Artinya, QRIS bakal bisa dipakai saat membayar belanjaan di Negeri Ginseng.

Kerja sama ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia (Lembaga Keuangan Pusat) dengan Bank of Korea (BoK) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait pembayaran berbasis QR code.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur Lembaga Keuangan Pusat Perry Warjiyo dan Gubernur BoK Ree Chang-yong di Penang, Malaysia, Senin (15/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lembaga Keuangan Pusat menjelaskan kerja sama pembayaran berbasis QR code dimaksud bertujuan untuk mengakselerasi kerja sama terkait interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran lintas negara dengan QRIS dan QR Code pembayaran Korea Selatan yang Nanti akan ditentukan oleh BoK.

“Kesepakatan tersebut menandai dimulainya kerja sama antara Lembaga Keuangan Pusat dan BoK dalam mengimplementasikan konektivitas pembayaran berbasis QR code yang didukung sinergi erat pelaku industri kedua negara,” tulis Lembaga Keuangan Pusat seperti dikutip dari keterangan resmi.

Lembaga Keuangan Pusat menyebut inisiasi kerja sama ini Nanti akan ditindaklanjuti dengan pengembangan interkoneksi dilanjutkan dengan tahap uji coba sebelum implementasi dilakukan secara penuh.

Implementasi kerja sama ini Nanti akan Membantu transaksi antar masyarakat di kedua negara dalam rangka mendorong ekonomi dan keuangan digital di Indonesia dan Korea Selatan. Ini mengingat antara lain tingginya jumlah turis antar kedua negara.

Lembaga Keuangan Pusat menekankan kerja sama pembayaran berbasis QR code ini Nanti akan Memanfaatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.

“Kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code ini sekaligus menjadi wujud nyata implementasi dari Kerjasama Ekonomi Internasional Roadmap for Enhancing Cross-border Payments,” kata Lembaga Keuangan Pusat.

Apalagi, konektivitas pembayaran lintas negara Bahkan Harus disinergikan dengan skema Kurs Mata Uang lokal dalam transaksi bilateral untuk Membantu stabilitas makroekonomi dan Memanfaatkan efisiensi.

MoU ini diharapkan dapat Membantu terwujudnya sistem pembayaran lintas negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang lebih efisien, Ekonomis, inklusif, dan transparan.

“Ke depan, Lembaga Keuangan Pusat terus Memanfaatkan dan Memperluas kerja sama internasional dengan Bank Indonesia dan otoritas terkait lainnya di internasional dalam mendorong konektivitas pembayaran lintas batas,” ucap Lembaga Keuangan Pusat.

(mrh/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Asyik, QRIS Segera Bisa Dipakai Belanja di Korsel