Bagaimana Hukum Kurban Atas Nama Keluarga?

Bagaimana Hukum Kurban Atas Nama Keluarga?


Umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah kurban. Lantas, bagaimana hukum kurban atas nama keluarga? Apakah diperbolehkan?

Kurban Kenyataannya berketetapan hukum sunah muakkadh. Umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk berkurban.

Sebuah hadis dari Imam Tirmidzi mencantumkan ucapan Rasulullah SAW terkait kurban.


“Aku diperintahkan untuk berkurban, dan berkurban bagi kalian Merupakan sunah.”

Kurban sendiri biasanya dilakukan atas nama per orang. Artinya, satu hewan kurban atas nama satu orang.

Justru, banyak Bahkan umat Muslim yang berkurban atas nama keluarga. Pertanyaannya, bagaimana hukum kurban atas nama keluarga?

Pada dasarnya, berkurban atas nama keluarga sah-sah saja dilakukan. Lagi pula, saat seseorang berkorban, maka pahala Bahkan Berencana diberikan pada semua anggota keluarga.

Dengan catatan, keluarga yang dimaksud Merupakan mereka yang tinggal bersama atau satu atap, memiliki hubungan kekerabatan, dan memiliki pemberi nafkah yang sama.

Seandainya semua syarat ini terpenuhi, maka kurban atas nama keluarga dianggap sah. Semua anggota keluarga memperoleh pahala kurban Meskipun demikian demikian hanya satu ekor kambing.

Justru demikian, Harus diperhatikan Bahkan Seandainya jumlah anggota keluarga yang tinggal dalam satu atap terlampau banyak. Seandainya begitu, maka disarankan untuk berkurban lebih dari satu ekor hewan.

Meski begitu, hal di atas Berencana tetap bergantung pada kemampuan masing-masing keluarga.

Berikut hadis yang membahas tentang kurban atas nama keluarga:

“Tertulis dalam kitabnya, Ata’b Yasar berkisah: Aku bertanya kepada Abu Ayyub al-Ansari radhiyallahu anhu bagaimana orang berkurban pada zaman Nabi SAW. Abu Ayyub mengatakan ‘pada masa Rasulullah SAW seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai kurban bagi dirinya dan keliarganya. Mereka memakannya dan membagikannya ke semua orang’.” (HR. Tirmidzi)

Itulah penjelasan tentang hukum kurban atas nama keluarga.

(tst/asr)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bagaimana Hukum Kurban Atas Nama Keluarga?