Bisnis  

Bahlil Segera Terbitkan Izin Tambang NU: Tabungan Akhirat

Bahlil Segera Terbitkan Izin Tambang NU: Tabungan Akhirat


Pembantu Presiden Penanaman Modal/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemberian izin mengelola tambang kepada Nahdlatul Ulama (NU) untuk tabungan akhirat.

NU jadi ormas yang pertama mengajukan izin tambang. Bahlil mengatakan pekan depan izin tambang untuk NU bakal terbit.

Pemerintah pun menyiapkan bekas lahan yang diciutkan milik PT Kaltim Prima Coal (KPC) untuk dikelola NU.


“Kalau NU Sebelumnya jadi, Sebelumnya berproses. Saya Akan segera pakai prinsip karena ini kan untuk tabungan akhirat, kita ini kan Ingin berbuat baik kan, lebih Mudah lebih baik,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Penanaman Modal, Jakarta Selatan, Jumat (7/6).

Bahlil menyebutkan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) pengelolaan tambang Mantan KPC untuk PBNU Akan segera terbit dalam waktu dekat. Ditargetkan pekan depan bisa rilis Supaya bisa langsung dikerjakan.

“Insyaallah (minggu depan izin PBNU terbit),” kata Bahlil.

Aturan yang mengizinkan ormas keagamaan mengelola tambang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Lebih lanjut, alasan Bahlil Menyediakan izin pengelolaan tambang kepada PBNU karena ingin menjadi anak berbakti. Sebab, ibunya dikatakan sebagai kader NU.

“Ibu saya ini NU. Jangan anaknya Sebelumnya jadi Pembantu Presiden Penanaman Modal, enggak ada. Selesai kita jadi Pembantu Presiden gak ada apa yang kita kasih,” imbuhnya.

(Ldy/sur)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bahlil Segera Terbitkan Izin Tambang NU: Tabungan Akhirat