Bisnis  

Bahlil Terbitkan Izin Tambang untuk PBNU Pekan Depan

Bahlil Terbitkan Izin Tambang untuk PBNU Pekan Depan


Pembantu Presiden Penanaman Modal/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berjanji menerbitkan izin pengelolaan tambang untuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pekan depan.

Ia menegaskan izin diberikan ke NU karena mereka memang menjadi salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan yang berhak mendapatkannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Justru, Bahlil mengatakan pemberian izin itu Berencana diberikan kepada badan usaha yang dikelola oleh ormas keagamaan. Ia menyebut NU Pernah berlangsung membuat badan usaha dan mengurus wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) kepada Kementerian Penanaman Modal/BKPM.


“NU mendapat (WIUPK), NU membuat badan usaha. Jadi, badan usahanya (yang dapat izin tambang), nanti dikelola secara profesional. Saya Pernah berlangsung membaca beberapa rilis PBNU dan betul Kemungkinan kalau tidak salah minggu depan Pernah berlangsung selesai urusannya,” katanya dalam konferensi pers di Kementerian Penanaman Modal, Jakarta Selatan, Jumat (7/6).

“Habis itu kita Berencana kasih lagi yang berikut. Yang jelas kami Berencana Menyediakan (izin tambang ke ormas keagamaan lain),” sambung Bahlil.

Bahlil mengungkapkan ormas keagamaan berhak mendapatkan izin untuk wilayah bekas perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B). Khusus untuk PBNU Berencana mendapatkan jatah Mantan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Ia enggan membocorkan berapa cadangan batu bara yang ada di wilayah tambang bekas KPC tersebut.

“Pemberian (WIUPK) kepada PBNU Merupakan Mantan KPC. Berapa cadangannya? Nanti tanya begitu Pernah berlangsung kita kasih, nanti tanya mereka (ke PBNU) saja,” bebernya.

Berencana tetapi, sebelumnya ia menegaskan bahwa PBNU bakal mendapatkan konsesi tambang batu bara dengan cadangan yang cukup besar.

Bahlil beberapa kali menyatakan bangga terhadap NU. Terlebih, ia mengaku lahir dari ibu yang merupakan seorang kader NU.

(skt/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bahlil Terbitkan Izin Tambang untuk PBNU Pekan Depan