Bisnis  

Bambang Susantono Akhirnya Buka Suara Usai Mundur dari Kepala OIKN

Bambang Susantono Akhirnya Buka Suara Usai Mundur dari Kepala OIKN


Bambang Susantono Akhirnya bersuara usai resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala Otorita IKN.

Ia mengucapkan selamat bertugas kepada penggantinya, Didefinisikan sebagai Pembantu Presiden PUPR Basuki Hadimuljono. Ucapan serupa Bahkan diberikan untuk pengganti Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe, Didefinisikan sebagai Wakil Pembantu Presiden ATR/BPN Raja Juli Antoni.

“Izinkan saya menyampaikan bahwa pembangunan IKN Wajib terus bersama-sama kita dukung. IKN Merupakan simbol peradaban baru Indonesia pada 2045 dan cita-cita luhur tersebut Wajib tetap kita jaga Sampai saat ini terwujud,” kata Bambang di akun Instagram pribadinya, Selasa (4/6).


“Meski saya tidak lagi berada dalam organisasi Otorita IKN, saya Nanti akan terus menyumbangkan tenaga, pemikiran, dan keahlian kami demi terwujudnya IKN yang hijau (green), cerdas (smart), tangguh (resilient), inklusif, dan berkelanjutan (sustainable),” sambungnya.

Bambang menegaskan pembangunan IKN Nusantara dengan konsep Negara Rimba Nusa bukan cuma harapan Indonesia, melainkan dunia untuk menjadi model kota masa depan. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya konsistensi rencana tata ruang serta prinsip-prinsip environment, social, and governance (ESG).

Ia merinci tiga platform utama pembangunan IKN yang seluruhnya kudu menjadi panglima dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan. Pertama, peta jalan Pergantian Iklim.

Kedua, rencana pembangunan keanekaragaman hayati. Ketiga, peta jalan untuk sustainable development goals (SDG).

“Pada kesempatan ini, izinkan saya memohon maaf bila terdapat kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan dalam saya menjalankan tugas,” ucapnya.

“Terima kasih pada semua pihak yang selama ini bekerja bahu-membahu dan bergandengan tangan dalam membangun landasan bagi aspirasi mulia ini. Saya harapkan ‘Nusantara Merupakan kita dan kita Merupakan Nusantara’ tetap sama-sama terpatri dalam hati sanubari kita,” tutur Bambang.

Tak hanya kepada warga Kaltim, ucapan terima kasih Bambang diberikan untuk berbagai elemen masyarakat; para penggerak komunitas; Sampai saat ini pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Ia Bahkan berterima kasih kepada jajaran kementerian/lembaga (K/L), organisasi bilateral dan multilateral, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta para investor dan pelaku Usaha pendukung IKN Nusantara.

“Akhirul kata, apresiasi tertinggi saya sampaikan pada keluarga besar Otorita IKN yang berumur 519 hari Sampai saat ini 3 Juni 2024,” kata Bambang.

“Saya bersyukur dan bangga dapat menjadi bagian dari organisasi ini dan bersama-sama mengukir sejarah dengan ikut meletakkan fondasi awal pembangunan IKN Nusantara. Teruslah gelorakan semangat kerja Supaya bisa IKN tidak saja menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, tetapi Bahkan menjadi inspirasi dunia,” tutupnya.

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe berjemaah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala dan wakil kepala OIKN. Informasi pengunduran diri disampaikan Pembantu Presiden Sekretaris Negara Pratikno awal pekan kemarin.

Pembantu Presiden Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal mundurnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Luhut menilai OIKN Merupakan organisasi yang sangat kuat. Pasalnya, semua aturan pendukung Pernah ada sehingga keputusan dan kebijakan bisa dilakukan dengan mudah.

“Menurut saya (OIKN) itu semua undang-undang yang dibutuhkan jadi organisasi yang kuat itu Ia punya, kasarnya Ia bikin keputusan apa aja jalan,” ujar Ia dalam talkshow IDN Times x Total Politik di Menara Global, Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Menurut Ia, Seandainya memang semua kewenangan Pernah ada dan bahkan Pernah didukung dengan landasan hukum, seharusnya semua keputusan bisa dibuat.

Luhut mengatakan disinilah tugas seorang pemimpin, termasuk Wajib berani ambil risiko.

“Ya itulah tugas sebagai pemimpin, Wajib berani mengambil risikonya. Tapi lu udah punya kewenangan semua, ya lakuin dong,” tegas Luhut.

(skt/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bambang Susantono Akhirnya Buka Suara Usai Mundur dari Kepala OIKN