Bawang Putih Ternyata Mungkin ‘Resep Alami’ Atasi Hipertensi, Begini Anjurannya

Bawang Putih Ternyata Mungkin ‘Resep Alami’ Atasi Hipertensi, Begini Anjurannya


Jakarta

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, Sampai saat ini gagal ginjal.

Tak banyak yang tahu, rupanya masalah hipertensi dapat diredakan dengan bumbu dapur yang banyak digunakan oleh masyarakat. Bumbu dapur tersebut Merupakan bawang putih.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Resep Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menuturkan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menjadi salah satu ‘pertolongan pertama’ pada masalah hipertensi ringan.


“Bawang putih kalau Ingin makan mentah itu Bahkan boleh jadi misalnya kita makan sekali makan satu siung kita bisa makan 3 kali sehari,” ujar dr Inggrid ketika ditemui di RSUD Tamansari Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

dr Inggrid mengatakan mengunyah bawang putih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam mulut. Untuk mengatasi masalah tersebut, bawang putih bisa dipotong Sampai saat ini berbentuk cacahan halus.



ADVERTISEMENT

“Setelah dicacah halus baru kita makan dan kalau bisa jangan terlalu lama dikunyah, jadi bisa langsung kita telan,” sambung dr Inggrid.

Selain bawang putih, bawang hitam atau black garlic Bahkan bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah hipertensi ringan di tahap awal. Black garlic merupakan bawang putih yang Sebelumnya terfermentasi dan mengandung antioksidan yang tinggi.

Meski begitu, Seandainya masalah tekanan darah Sebelumnya terlalu tinggi, dr Inggrid tetap menyarankan masyarakat untuk pergi ke dokter Terjamin. Hal ini untuk mencegah masalah hipertensi menjadi lebih parah dan berbahaya.

Ditambah lagi dengan, dr Inggrid Bahkan mengingatkan betapa pentingnya menjaga Pola Kebiasaan Sehat dan pola makan yang lebih baik. Pola hidup yang sehat menjadi langkah Unggul untuk mencegah tekanan darah tinggi dan risiko penyakit lainnya.

“Pola makan itu Sebelumnya Niscaya. Karena kalau darah tinggi itu Ia berarti nggak boleh berlebihan makan garam. Misalnya snack ringan, keripik itu kan banyak sekali garamnya. Itu Sangat dianjurkan diperhitungkan Bahkan. Gerakan Bahkan penting buat darah tinggi,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Bawang Putih Ternyata Mungkin ‘Resep Alami’ Atasi Hipertensi, Begini Anjurannya