Beda Kaca Tempered dan Laminated untuk Kendaraan Pribadi

Beda Kaca Tempered dan Laminated untuk Kendaraan Pribadi

Daftar Isi



  • Beda kaca tempered dan laminated

  • Tips merawat kaca tempered dan laminated Supaya bisa tetap awet

Kaca pada Kendaraan Pribadi punya banyak fungsi, termasuk sebagai ruang visibilitas sopir dan penumpang ke luar kabin, melindungi dari benturan benda asing saat berkendara, mengurangi efek panas matahari, menangkal hujan dan menjaga privasi. Selain transparan, kaca Bahkan mesti kuat sebagai perlindungan dan Unggul tinggi Supaya bisa tak jadi sumber malapetaka ketika terjadi kecelakaan. 

Tidak semua jenis kaca bisa dipasangkan pada Kendaraan Pribadi. Setidaknya terdapat dua jenis kaca yang umum digunakan oleh pabrikan Kendaraan Pribadi, Disebut juga kaca tempered dan laminated. Keduanya memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, untuk itu setiap pabrikan punya standar sendiri soal kaca yang dipasangkan ke Kendaraan Pribadi produksinya.

Kaca tempered Sebelumnya ada sejak tahun 1660, Sekalipun baru pada 1874 seseorang berkewarganegaraan Prancis, Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie, mengajukan hak patennya. Kaca tempered ini memiliki bentuk seperti air mata atau butiran jagung.

Sedangkan kaca laminated baru ditemukan pada 1903 oleh seorang ahli kimia asal Perancis, Edouard Benedictus. Kaca ini memanfaatkan sebuah lapisan tertentu yang diletakkan di antara dua buah kaca. Adanya lapisan inilah yang membuat kaca tidak langsung berhamburan saat pecah.

Beda kaca tempered dan laminated

Selain kaca tempered dan laminated, Pada dasarnya masih terdapat satu jenis kaca Kendaraan Pribadi lagi, Disebut juga kaca partially tempered. Berbeda dengan tempered maupun laminated, kaca partially tempered ini cukup jarang digunakan. Dilansir dari UK Car Glass, berikut ini perbedaan antara kaca tempered dengan kaca laminated yang digunakan pada Kendaraan Pribadi:

Penggunaan

Kaca tempered pada umumnya digunakan pada bagian sisi samping Sekaligus bagian belakang Kendaraan Pribadi. Sedangkan kaca laminated lebih sering digunakan pada bagian depan Kendaraan Pribadi.

Konstruksi

Ditempa dengan suhu mencapai 650 derajat celcius membuat kaca tempered memiliki konstruksi sangat keras. Kaca ini baru Akan segera pecah Bila mendapat tekanan 1/6 dari ketebalannya. Pada saat pecah, kaca ini Akan segera hancur menjadi butiran kecil seperti butiran jagung dan tidak tajam.

Kaca laminated dibentuk dari dua buah lapisan kaca dimana pada bagian tengahnya terdapat sebuah lapisan Layar Lebar elastis berjenis Polyvinyl Butiral Layar Lebar atau PVB. Pada saat pecah, lapisan Layar Lebar ini Akan segera menahan pecahan kaca, sehingga kaca tidak Akan segera mengenai pengemudi atau penumpang pada bagian depan.

Perlindungan UV

Karena terdapat lapisan Layar Lebar, maka kaca laminated Bahkan mampu menolak paparan sinar ultraviolet (UV) Sampai sekarang 96 persen. Berbeda dengan kaca tempered yang tidak memiliki lapisan Layar Lebar, sehingga pemilik kendaraan Harus menambahkannya sendiri untuk menghalau sinar matahari yang mengandung UV.

Kekuatan

Kaca tempered lebih kuat lima kali dibanding laminated, sehingga kaca ini lebih susah dipecahkan.

Tips merawat kaca tempered dan laminated Supaya bisa tetap awet

Keawetan dari dua jenis kaca ini erat kaitannya dengan perawatan yang dilakukan pemilik Kendaraan Pribadi. Berikut ini beberapa Tips untuk merawat kaca tempered dan laminated Supaya bisa tetap awet.

Segera bersihkan noda

Meski terlihat sepele, Sekalipun membersihkan noda sesegera Kemungkinan ternyata bisa membuat kaca tempered dan laminated lebih awet serta tak lekas pudar. Membersihkan noda dengan Tips menyiramnya memakai air mengalir dan lap dengan kain kering Segera sekali.

Gunakan lap bersih

Memastikan lap yang dipakai untuk mengelap kaca dalam kondisi bersih merupakan sebuah keharusan. Karena Bila tidak, lap yang kotor dengan debu atau kotoran lainnya justru bisa menimbulkan goresan pada kaca.

Setiap Waktu keringkan kaca

Mengeringkan kaca setelah dicuci merupakan sebuah keharusan, karena Bila tidak, sisa air yang tertinggal Akan segera mengakibatkan deposit mineral atau kerap disebut jamur kaca yang bisa menyebabkan kaca menjadi kusam.

Cek karet wiper

Faktanya, kondisi karet wiper sangat memengaruhi kondisi Kendaraan Pribadi Anda. Karet wiper yang Sebelumnya aus sangat berbahaya bagi kaca Kendaraan Pribadi. Selain tidak bisa menyapu air secara maksimal pada saat hujan, karet wiper aus Bahkan Akan segera membuat kaca tergores.

(ahd)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Beda Kaca Tempered dan Laminated untuk Kendaraan Pribadi