Bedong Bayi Beneran Bisa Cegah Kaki Bengkok? Kalau Kata Ahli Sih Gini

Bedong Bayi Beneran Bisa Cegah Kaki Bengkok? Kalau Kata Ahli Sih Gini


Jakarta

Ketika baru memiliki bayi, terkadang orang tua Akan segera menjadi ‘overprotective’ pada anak. Salah satu kekhawatiran yang tak jarang muncul Merupakan takut kaki anak menjadi bengkok setelah lahir.

Untuk mencegah hal tersebut, salah satu Tips yang dipercaya dapat mencegah kondisi tersebut Merupakan dengan membedong anak. Kenyataannya ngaruh nggak ya?

Ketua umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dr Ade Jubaedah, SSiT, MM, MKM menjelaskan bahwa menggunakan bedong tidak mencegah kaki anak menjadi bengkok.


“Jadi itu memang tidak berpengaruh ya,” kata Ade ketika berbincang dengan detikcom di Jakarta Utara, Senin (24/6/2024).

Sekalipun tidak dapat mencegah kaki bengkok, Ade mengatakan membedong anak tetap diperbolehkan. Membedong dapat membuat bayi merasa lebih nyaman, hangat, dan tidur lebih nyenyak.



ADVERTISEMENT

“Jadi nggak masalah, tapi nggak ngaruh Bahkan. Makanya terkait kebiasaan membedong ini ya kita memberi tahu pelan-pelan pada orang tua,” sambungnya.

Kaki bayi yang bengkok merupakan hal yang normal terjadi. Ketika bayi semakin besar, maka kondisi kaki anak Akan segera berangsur kembali lurus, terlebih ketika anak mulai belajar berjalan.

Lebih lanjut soal tumbuh kembang anak, Ade mengingatkan pentingnya stimulasi kemampuan motorik dan sensorik. Stimulasi ini penting menurut Ade Supaya bisa anak dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal.

“Dengan adanya stimulasi dini tumbuh kembang, justru pertumbuhan dan perkembangan bayi Akan segera tercapai dengan diberikannya stimulasi yang Tanpa henti. Itu yang paling utama,” kata Ade.

“Ada banyak caranya menstimulasi misalnya salah satunya melakukan pijatan pada bayi. Itu Akan segera merangsang motorik dan sensorik dari bayi,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Bedong Bayi Beneran Bisa Cegah Kaki Bengkok? Kalau Kata Ahli Sih Gini