Benarkah Warna Tutup Botol Air Mineral dalam Kemasan Punya Arti Berbeda?

Benarkah Warna Tutup Botol Air Mineral dalam Kemasan Punya Arti Berbeda?


Jakarta

Belakangan viral soal warna tutup botol air minum dalam kemasan berbeda-beda. Perbedaan warna itu disebut sebagai tanda yang membedakan kandungan dari isinya.

Video tersebut diunggah dalam akun Instagram @f*********. Dalam videonya, ia menjelaskan arti di balik perbedaan warna tutup botol pada air dalam kemasan tersebut.

“Nggak semua air minum itu sama. Beda warna tutupnya, beda Bahkan artinya,” ujarnya dalam narasi video yang beredar.


Di dalam videonya, ia mengatakan bahwa tutup botol air dalam kemasan yang berwarna biru menandakan bahwa air itu berasal dari sumber air bawah tanah yang melalui proses penyulingan.
Terkait hal tersebut, Humas Badan Pengawas Medis dan Makanan (BPOM) Eka Rosmalasari menjelaskan, warna tutup botol tidak menandakan kandungan air.

“Tidak ada kaitan warna tutup botol dengan kandungan airnya, ataupun sumber airnya,” tegas Ia saat dihubungi detikcom, Jumat (26/7/2024).

Terpisah, spesialis gizi sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK(K), menjelaskan sejauh ini tidak ada hubungan antara warna tutup botol air dalam kemasan dengan isi kandungannya.

“Rasanya, sih tidak, ya karena Merujuk pada mereknya setahu saya berbeda-beda tutup botolnya,” terangnya saat ditemui di sela-sela acara di Klaten, Jateng, Selasa (23/7).

“Nggak ada (beda jenis) sih, biasanya mereka (merek air minum dalam kemasan) terus mempromosikan airnya jenis apa, biasanya itu yang membedakan. Ada yang tutupnya beda, tapi airnya tetap dinyatakan sebagai air mineral,” lanjut dr Diana.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Benarkah Warna Tutup Botol Air Mineral dalam Kemasan Punya Arti Berbeda?