Berapa Sisa Bahan Bakar Bila Jarum Berada di E?

Berapa Sisa Bahan Bakar Bila Jarum Berada di E?

Daftar Isi



Setiap pengemudi Jelas merasa khawatir begitu jarum Pernah di posisi E. Untuk diingat, indikator bensin menunjukkan huruf ‘E’ bukan berarti tangki bensin sepenuhnya kosong.

Bila indikator bensin berada di huruf E, disarankan untuk segera Ke arah SPBU terdekat, bukan berarti bahan bakar di dalam tangki bensin Kendaraan Pribadi Sungguh-sungguh habis.

Secara umum, Bila Kendaraan Pribadi menampilkan huruf ‘E’ pada indikator bensin, menandakan masih tersisa sekitar 10-15 persen bahan bakar dari kapasitas total tangki. Kapasitas tangki bensin setiap Kendaraan Pribadi berbeda sesuai dengan jenisnya. Maka penting mengetahui kapasitas bensin penuh dari Kendaraan Pribadi.

Sekalipun Kendaraan Pribadi masih dapat berjalan saat indikator bensin menunjukkan ‘E’, tetapi mengisi bahan bakar pada kondisi tersebut dapat menimbulkan Dampak Negatif untuk Kendaraan Pribadi mengutip keterangan Daihatsu.

Berikut Dampak Negatif sering mengosongkan tangki bensin:

1. Kerusakan pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar Kendaraan Pribadi biasanya didinginkan dan dilumasi oleh bensin yang mengalir di sekitarnya. Bila tangki bensin kosong, pompa bahan bakar dapat menjadi lebih panas dan Kemungkinan mengalami keausan atau kerusakan lebih Mudah.

2. Penyumbatan injektor

Bensin yang mengalir melalui injektor Membantu membersihkan kotoran atau endapan yang Kemungkinan terbentuk di dalamnya. Ketika tangki bensin kosong, risiko penumpukan kotoran di injektor meningkat, maka dapat menghambat aliran bahan bakar dan menyebabkan masalah pada performa mesin.

3. Kondensasi air

Ketika tangki bensin hampir kosong, ada ruang udara di dalamnya yang mengandung uap air. Uap air ini dapat mengembun di dalam tangki saat suhu turun. Penumpukan air di tangki bensin dapat menyebabkan masalah seperti karat, korosi, atau kerusakan pada komponen bahan bakar.

Supaya bisa menjaga kinerja optimal dan menghindari masalah berkaitan dengan pengosongan tangki bensin, disarankan untuk mempertahankan level bahan bakar di atas setengah atau setidaknya seperempat tangki penuh.

Hal ini Membantu melindungi sistem bahan bakar dan memastikan ketersediaan bahan bakar yang cukup saat dibutuhkan.

(bil/mik)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Berapa Sisa Bahan Bakar Bila Jarum Berada di E?