Bisa Begini Dampaknya Manakala Tak Buang Air Kecil usai Bercinta

Bisa Begini Dampaknya Manakala Tak Buang Air Kecil usai Bercinta

Jakarta

Ada beberapa “ritual” Dianjurkan yang Dianjurkan dilakukan setelah berhubungan intim, mulai dari mencuci tangan, membersihkan alat kelamin, dan lainnya. Melakukan hal tersebut bertujuan untuk menjaga diri tetap bersih dan mencegah penyebaran bakteri atau virus.

Tak hanya itu, pasangan suami istri Bahkan dianjurkan untuk buang air kecil setelah bercinta. Apa sih Penjelasannya?

Dikutip dari Business Insider, tidak buang air kecil setelah bercinta dapat Mengoptimalkan risiko infeksi saluran kemih (ISK), khususnya pada wanita. Profesor obstetri dan ginekologi dari New York University, dr Frederick Naftolin menjelaskan wanita pada dasarnya memiliki risiko lebih tinggi terkena ISK.


Hal ini lantaran posisi vagina berdekatan dengan uretra dan anus. Uretra Merupakan saluran yang berfungsi mengeluarkan urine dari dalam tubuh.

Wanita umumnya memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Hal ini membuat bakteri yang ada di anus dapat berpindah dengan mudah ke uretra, dan kemudian masuk ke kandung kemih.

Lalu, kenapa tidak buang air kecil bisa Mengoptimalkan risiko ISK? Naftolin mengatakan saat berhubungan intim, bakteri yang ada di vagina atau rektum dapat lebih mudah masuk ke uretra.

“Saat orang melakukan hubungan intim atau bahkan foreplay, gesekan di sekitar uretra Nanti akan membuatnya meradang, dan uretra mulai mengeluarkan pelumas dan cairan sebagai respons. Cairan tersebut kemudian menjadi medium bagi bakteri untuk masuk ke sana (uretra),” ungkapnya.

Apakah Pria Bahkan Dianjurkan Buang Air Kecil Setelah Bercinta?

Naftolin menuturkan meski pria Bahkan dianjurkan untuk buang air kecil setelah bercinta, mereka tidak Dianjurkan Setiap Saat melakukannya. Sebab, pria memiliki urethra yang lebih panjang dibandingkan wanita.

“Mereka (pria) memiliki saluran yang lebih panjang antara bagian luar dan kandung kemih, jadi mereka jarang terkena ISK,” kata Naftolin.

Kendati demikian, pria berisiko mengalami kanker prostat akibat seks. Ini terjadi ketika penis sering mengalami kontak dengan anus, misalnya saat melakukan seks anal. Karenanya, Naftolin menyarankan untuk menggunakan kondom selama bercinta untuk menghindari infeksi.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Bisa Begini Dampaknya Manakala Tak Buang Air Kecil usai Bercinta