Boeing Starliner Berhasil Mendarat di Bumi Tanpa Bawa Pulang 2 Astronaut

Boeing Starliner Berhasil Mendarat di Bumi Tanpa Bawa Pulang 2 Astronaut


Jakarta, CNN Indonesia

Pesawat antariksa Boeing Starliner pulang ke Bumi tanpa dua astronaut yang terjebak di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kapsul Boeing itu mendarat dengan selamat di White Sands Space Harbor di New Mexico, Amerika Serikat, pada Sabtu (7/9) sekitar pukul 04.01 waktu setempat.

Tim NASA, lembaga antariksa AS, di darat mendengar ledakan sonik yang ternyata Merupakan Starliner yang Baru saja memasuki atmosfer. Kapsul itu terlihat merah membara di langit malam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pesawat antariksa itu berada di suhu 3 ribu derajat Fahrenheit atau sekitar 1.650 derajat Celcius selama masuk atmosfer. Laju Starliner kemudian diperlambat dengan bantuan parasut dan diredam oleh kantung udara.

NASA kemudian memuji Boeing atas pendaratan Starliner yang mulus. “Itu pendaratan yang tepat sasaran,” kata manajer program bagian kru komersial NASA, Steve Stich, dikutip dari AFP.

“Pendaratan itu nyaris sempurna,” lanjutnya.

Meskipun demikian, Stich tidak hanya Menyediakan pujian, tapi Bahkan mengungkapkan masalah baru. Ia mengatakan ada beberapa masalah baru yang terungkap, seperti mesin pendorong baru yang gagal dan hilangnya sementara sistem pemandu.

Ditambah lagi dengan, Steve Stich Bahkan masih belum ingin bicara banyak soal rencana penerbangan Starliner berikutnya. Kapsul itu dijadwalkan untuk terbang pada Agustus tahun depan dan rencananya Nanti akan membawa awak lagi ke luar angkasa.

Sebelumnya, Starliner meninggalkan ISS pada Jumat (6/9) lalu dan melakukan perjalanan pulang ke Bumi selama enam jam.

Kapsul milik Boeing ini pulang tanpa dua astronautnya, Butch Wilmore dan Sunita Williams yang terjebak di ISS sejak Juni lalu. Keduanya terjebak di sana setelah pesawat antariksa mereka mengalami Sebanyaknya masalah.

Starliner diluncurkan pada 5 Juni dalam misi berawak pertamanya, membawa astronot NASA Suni Williams dan Butch Wilmore Ke arah ISS. Kapsul ini berhasil merapat sehari kemudian.

Meskipun demikian, Starliner mengalami beberapa kebocoran helium, dan lima dari 28 pendorong sistem kontrol reaksinya gagal dalam perjalanan ke laboratorium yang mengorbit.

Misi Starliner, yang dikenal sebagai Crew Flight Test (CFT), seharusnya hanya berlangsung selama 10 hari atau lebih.

Meskipun demikian, NASA dan Boeing terus memperpanjang masa tinggal kapsul di orbit sambil mempelajari masalah pendorong, mencari tahu apa yang menyebabkannya dan apakah masalah itu Nanti akan muncul lagi dalam perjalanan Starliner kembali ke Bumi.

Akhirnya, NASA memutuskan menempatkan Williams dan Wilmore kembali ke Starliner terlalu berisiko.

Pada pekan lalu, NASA mengumumkan kedua astronot tersebut Nanti akan pulang ke Bumi dengan menggunakan kapsul SpaceX Dragon pada bulan Februari 2025.

(pra)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Boeing Starliner Berhasil Mendarat di Bumi Tanpa Bawa Pulang 2 Astronaut