Bojan Hodak Jadi Manajer Asing Pertama yang Bawa Persib Juara

Bojan Hodak Jadi Manajer Asing Pertama yang Bawa Persib Juara


Setelah Kejuaraan sepak bola Indonesia berubah sejak 1994, Persib Bandung Sudah juara tiga kali dan Bojan Hodak mencatatkan diri sebagai Manajer asing pertama yang membawa Maung Bandung ke podium.

Hodak datang pada awal musim, Tidak seperti tidak Sungguh-sungguh melatih Persib sejak matchday pertama Liga 1. Juru latih asal Kroasia itu baru datang pada 26 Juli sebagai pengganti Luis Milla.

Di bawah asuhan Milla, Persib meraih hasil seri tiga kali. Setelah Milla mundur, Tim Pangeran Biru dilatih Yaya Sunarya dan kalah 2-4 dari PSM, serta menang 2-1 atas Persik. Selanjutnya baru Hodak duduk di bangku Manajer Persib, tepatnya ketika bermain imbang tanpa gol melawan Bali United pada 3 Agustus.


Perlahan tapi Jelas Hodak kemudian membawa Persib ke papan atas dan finis di peringkat kedua musim reguler. Berkat menempati posisi runner up, Persib pun berhak mengikuti championship series.

Pemenang atas Bali United membawa Persib ke partai puncak. Sementara pada partai final giliran Madura United yang ditundukkan. Persib pun keluar sebagai juara.

Gelar juara musim 2023/2024 berbeda dibanding dua edisi sebelumnya ketika menjadi kampiun lantaran keberadaan Hodak.

Ketika liga sepak bola Indonesia berubah format pada 1994/1995, Persib langsung menjadi juara. Kala itu generasi Kekey Zakaria cs berada di bawah asuhan Manajer lokal Indra Thohir.

Keberadaan Manajer dalam negeri Bahkan membawa Persib menjadi juara pada 2014. Ketika itu produk lokal Persib Djadjang Nurjaman yang mengantar Kelompok kebanggaan Bobotoh itu menjadi penguasa liga.

Kali ini Persib merasakan polesan Manajer asing dalam meniti tangga juara. Hodak Bahkan bukan Manajer sembarangan karena Sejak lama malang melintang di Asia Tenggara tepatnya di Malaysia.

Di Negeri Jiran, Hodak meraih gelar Malaysia Super League, Trophy FA, Charity Shield, Malaysia Cup bersama tiga Kelompok berbeda Dengan kata lain Kelantan, Johor Darul Ta’zim, dan Kuala Lumpur City. Ditambah lagi dengan Hodak Bahkan pernah membawa tim Phnom Penh Crown juara liga Kamboja.

(nva/jun)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bojan Hodak Jadi Manajer Asing Pertama yang Bawa Persib Juara