Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ini Penjelasannya

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ini Penjelasannya

Jakarta

Mengkonsumsi makanan yang diolah dengan Trik dibakar memang punya kenikmatan tersendiri. Sebut saja sate ayam, ikan bakar, Sampai saat ini ayam bakar yang punya cita rasa lezat di mulut.

Tidak seperti, sebagian ibu hamil merasa takut ketika mengkonsumsi makanan yang dibakar. Sebab, ada pendapat yang mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang dibakar atau di-grill.

Lantas, apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi makanan yang dibakar? Simak penjelasannya dalam artikel ini.


Apakah Ibu Hamil Boleh Makan yang Dibakar?

Dilansir laman Baby Centre, ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang diolah dengan Trik dibakar. Tidak seperti, pastikan bahan makanan yang digunakan seperti daging, ayam, ikan, atau seafood dibakar Sampai saat ini matang.

Trik ini dilakukan Supaya bisa bahan makanan tidak terkontaminasi bakteri atau parasit berbahaya, seperti salmonella, E.coli, atau campylobacter. Kalau dibakar sampai matang, bakteri tersebut Akan segera mati dan tidak dapat berkembang biak.



ADVERTISEMENT

Manakala masih sering mengkonsumsi makanan setengah matang, ibu hamil dapat berisiko mengalami keracunan makanan. Selain berbahaya untuk dirinya, Jelas bisa mempengaruhi kesehatan janin di dalam perut.

Jadi, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang dibakar. Asalkan bahan makanan dimasak Sampai saat ini matang.

Tips Menikmati Makanan yang Dibakar bagi Ibu Hamil

Selain dimasak sampai matang, ada Sebanyaknya hal penting lainnya yang Sangat dianjurkan diperhatikan bagi ibu hamil ketika mengkonsumsi makanan yang dibakar.

Mengutip laman NCT.org, berikut Sebanyaknya tips bagi ibu hamil ketika mengkonsumsi hidangan makanan yang dibakar:

1. Cek Kematangan Daging Sebelum Dimakan

Manakala Baru saja Menghelat pesta BBQ dan mendapat sepotong daging, pastikan lagi bahwa daging tersebut Sebelumnya dibakar atau di-grill sampai matang.

Trik mengetahuinya sangat mudah, cukup potong daging menjadi dua dan lihat bagian tengahnya. Kalau daging masih berwarna merah muda, itu tandanya masih setengah matang.

Jangan merasa sungkan dengan pemilik rumah atau orang yang memasaknya. Sebab, kesehatan ibu hamil dan janinnya sangatlah penting.

2. Simpan Daging dalam Lemari Es

Sebelum memasaknya, disarankan untuk menyimpan daging mentah di dalam lemari es. Trik ini dilakukan untuk membunuh bakteri secara maksimal.

Ditambah lagi, pastikan daging tersimpan dalam keadaan tertutup Supaya bisa tidak ada cairan yang menetes keluar dari dalam wadah.

3. Jangan Dicampur dengan Bahan yang Lain

Saat menyimpan daging di dalam lemari es, pastikan disimpan secara terpisah dengan bahan makanan lain, seperti buah atau sayuran. Trik ini dilakukan untuk mencegah bakteri dan parasit menyebar ke bahan makanan yang lain.

4. Jangan Mengolah Daging saat Masih Beku

Daging yang disimpan di kulkas dalam waktu lama Akan segera menjadi beku. Manakala ingin diolah, diamkan daging terlebih Pada Di masa lampau sampai lembek atau tidak membeku.

Sebab, daging yang diolah dalam keadaan beku berisiko menyebabkan bakteri dapat berkembang biak. Kamu bisa membiarkan daging di dalam suhu ruangan sekitar 1 jam Sampai saat ini daging mulai lembek.

5. Masak di Api yang Panas

Memasak daging dengan Trik dibakar Bahkan ada tekniknya, lho. Supaya bisa tidak ada lagi bakteri dan parasit, pastikan daging yang dibakar Sebelumnya matang dan suhu di dalamnya mencapai 70 derajat Celcius.

Manakala tidak yakin apakah daging Sebelumnya matang atau belum, kamu bisa menggunakan termometer khusus makanan untuk mengecek suhunya.

6. Setiap Saat Menjaga Kebersihan

Hal yang Bahkan tak kalah penting Merupakan Setiap Saat menjaga kebersihan saat memasak. Sebab, Akan segera percuma saja Manakala daging yang dimasak Sebelumnya matang, tapi terkontaminasi oleh kuman atau kotoran di sekitar tempat masak.

Pastikan mencuci peralatan makan dan peralatan masak dengan air mengalir dan sabun cuci piring. Sebelum makan, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih Pada Di masa lampau Supaya bisa tidak ada kuman yang menempel.

Perhatikan Bahkan Tempat yang digunakan untuk memasak. Manakala ingin Menghelat pesta BBQ, pilih area yang terbuka dan Terbaik. Jangan berada di dekat tempat sampah, jalan raya, atau bahan kimia berbahaya.

Demikian penjelasan tentang Syarat ibu hamil saat mengkonsumsi makanan yang dibakar. Semoga artikel ini dapat Membantu detikers.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ini Penjelasannya