Bisnis  

Bos Bank Indonesia Pamer Fluktuasi Harga RI Terus Turun dalam 10 Tahun: Terendah di Dunia

Bos Bank Indonesia Pamer Fluktuasi Harga RI Terus Turun dalam 10 Tahun: Terendah di Dunia


Gubernur Bank Indonesia (Bank Indonesia) Perry Warjiyo mengatakan dalam 10 tahun terakhir tren Fluktuasi Harga Indonesia cenderung turun dan termasuk yang terendah di dunia.

Hal itu ia sampaikan di depan Kepala Negara Joko Widodo (Jokwi) dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Fluktuasi Harga 2024, Jumat (13/6).

Ia menyebut Fluktuasi Harga terakhir, Dikenal sebagai periode Mei 2024 Bahkan terkendali di 2,84 persen. Di sebagian daerah, sambungnya, Fluktuasi Harga Bahkan tercatat berada di target 2,5 persen plus minus 1 persen.


“Tren Fluktuasi Harga dalam 10 tahun terakhir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia Pada saat ini Bahkan,” katanya.

Ia mengatakan tingkat Fluktuasi Harga pada sisa akhir tahun ini dan tahun depan ditargetkan di kisaran 1,5 persen Sampai saat ini 3,5 persen.

“Kami memperkirakan Fluktuasi Harga pada sisa 2024 ini dan tahun 2025 Berencana tetap terkendali rendah dalam kisaran kisaran 2,5 persen plus minus 1 persen,” katanya.

Terkendalinya Fluktuasi Harga, kata Perry, didukung oleh eratnya sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam berkoordinasi dengan tim pengendali Fluktuasi Harga pusat (TPIP) dan tim pengendali Fluktuasi Harga daerah (TPID), termasuk dengan Gerakan Nasional Pengendalian Fluktuasi Harga Pangan (GNPIP) yang masal dilakukan di berbagai daerah.

Perry mengapresiasi Jokowi atas konsistensi kepemimpinan, inovasi, serta dorongan sinergi untuk mengendalikan Fluktuasi Harga. Ia Bahkan mengucapkan terimakasih kepada seluruh gubernur, wali kota, bupati, yang berkomitmen untuk menjaga tingkat Fluktuasi Harga di daerah masing.

“Kami meyakini Fluktuasi Harga yang rendah sebagai faktor penting untuk Peningkatan Ekonomi berkelanjutan,” katanya.

“Sementara itu untuk Mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan kebijakan makroprudensial longgar antara lain melalui insenttif likuiditas yang besar kepada perbankan untuk penyaluran kredit ke berbagai sektor termasuk hilirisasi pertanian dan Usaha Kecil Menengah pangan,” katanya.

(fby/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos Bank Indonesia Pamer Fluktuasi Harga RI Terus Turun dalam 10 Tahun: Terendah di Dunia