Bisnis  

Bos BCA Ramal Bank Indonesia Bakal Pangkas Suku Bunga September 2024

Bos BCA Ramal Bank Indonesia Bakal Pangkas Suku Bunga September 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Bos PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja meramal Bank Indonesia (Bank Indonesia) Nanti akan memangkas suku bunga pada September 2024.

Jahja mengatakan prediksi ini tetap memperhatikan langkah The Fed. Bila Bank Indonesia AS itu memotong suku bunga acuan pada September 2024, kemungkinan bakal diikuti Bank Indonesia.

“Tentunya, ini Nanti akan ada kebijakan dari Bank Indonesia sendiri, melihat kebutuhan likuiditas pasar, kurs USD ke Kurs Mata Uang Nasional. Kalau ini semuanya menunjang, saya pikir ini beberapa persyaratan (Bank Indonesia) untuk menurunkan bunga,” ucap Jahja dalam Paparan Kinerja Semester I 2024 secara virtual, Rabu (24/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau misalnya hal itu terpenuhi, Mungkin, sesudah Fed menurunkan suku bunga di September (2024). Sesudah itu Mungkin 0,25 persen atau 25 basis point (bps), Bank Indonesia bisa saja menurunkan bunga, tapi tentunya dengan berbagai pertimbangan,” sambungnya.

Jahja mengatakan The Fed Pernah menaikkan suku bunga acuan 5,25 persen Sampai saat ini 5,5 persen sampai Hari Ini. Di lain sisi, Bank Indonesia baru mengerek suku bunga 2,25 persen-2,5 persen.

“Jadi, kita separuh dari kenaikan (suku bunga) Amerika Serikat,” tutupnya.

Suku bunga acuan Bank Indonesia-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) Pada Di waktu ini ada di level 6,25 persen. Bank Indonesia baru-baru ini menahan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang berlangsung pada 16 Juli-17 Juli 2024.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan keputusan menahan suku bunga konsisten dengan kebijakan moneter pro-stability. Ini sebagai langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan Fluktuasi Harga tetap terkendali dalam sasaran 2,5 persen pada 2024 dan 2025.

“Bank Indonesia terus Mengoptimalkan bauran kebijakan moneter makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan Membantu Peningkatan Ekonomi yang berkelanjutan di tengah masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global,” kata Perry dalam konferensi pers, Rabu (17/7).

“Kami masih melihat ruang untuk arah suku bunga Bank Indonesia rate Nanti akan turun, kemungkinan masih sama ya, yaitu pada kuartal IV,” tambahnya.

(skt/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos BCA Ramal Bank Indonesia Bakal Pangkas Suku Bunga September 2024