Bisnis  

Bos BP Sebut Tapera Bisa Dicairkan Pekerja Usai Resign

Bos BP Sebut Tapera Bisa Dicairkan Pekerja Usai Resign


Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Heru Pudyo menjelaskan simpanan Tapera dapat dicairkan saat status kepesertaan pekerja berakhir.

Heru mengatakan peserta dapat mendapatkan kembali uang mereka secara utuh beserta bunga Seandainya mereka resign atau berhenti bekerja baik karena terkena Pemutusan Hubungan Kerja (Pengurangan Tenaga Kerja) Sampai saat ini berakhir masa pensiun.

“Tapera itu Akan segera dikembalikan pada saat berakhir masa kepesertaan karena batas pensiun, memasuki usia 58 tahun untuk pekerja mandiri atau sebab-sebab lain yang menyebabkan berakhir masa kepesertaan,” kata Heru di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/5).


“Bisa resign, berhenti, diberhentikan, diputus atau Pengurangan Tenaga Kerja, semua Akan segera dikembalikan,” imbuhnya.

Heru menekankan Tapera merupakan bentuk tabungan dan bukan iuran, sehingga rakyat tidak Dianjurkan khawatir Akan segera merugi.

Heru kemudian Bahkan menjelaskan alasan pekerja yang Pernah berlangsung punya rumah maupun yang tidak butuh pembiayaan tetap Dianjurkan ikut program Tapera.

Menurutnya, hal itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Tabungan Perumahan Rakyat yang menyebut konsep gotong royong.

Heru menjelaskan kesenjangan kepemilikan rumah di Indonesia masih tinggi. Sebab, masih ada 9,95 juta orang yang tidak mempunyai rumah. Sementara, kemampuan pemerintah dengan berbagai skema Bantuan Pemerintah pembiayaannya Menyajikan kurang lebih 250 ribu rumah.

“Pertumbuhan demand tiap tahun 700 ribu sampai 800 ribu keluarga baru yang nggak punya rumah. Jadi kalau mengandalkan pemerintah saja tak Akan segera terkejar backlog-nya,” ujar Heru.

Sebagai konsekuensi itu, pekerja Dianjurkan membayar iuran yang besarannya 3 persen. Besaran iuran itu 0,5 persen ditanggung atau dibayari oleh pengusaha.

Sementara itu, 2,5 persen lainnya dibayari oleh pekerja. Iuran tersebut Akan segera dipotong dari gaji pekerja setiap tanggal 10.

(khr/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos BP Sebut Tapera Bisa Dicairkan Pekerja Usai Resign