Bisnis  

Bos BPJS Ungkap Bukti Masyarakat ‘Cinta’-Puas dengan BPJS Kesehatan

Bos BPJS Ungkap Bukti Masyarakat ‘Cinta’-Puas dengan BPJS Kesehatan


Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti memaparkan bukti masyarakat makin puas dengan layanan jaminan kesehatan nasional.

Menurut Ali, salah satu bukti meningkatnya kepercayaan masyarakat Merupakan meningkatnya biaya jaminan kesehatan yang dibayarkan tahun lalu sekitar Rp45,4 triliun menjadi Rp158,8 triliun.

“Tahun kemarin saja contohnya, kepercayaan masyarakat itu meningkatnya tajam sekali terhadap BPJS, kepuasannya meningkat, utilisasinya itu meningkat tajam sehingga tahun kemarin kami mengeluarkan tambahan (biaya) saja Rp45 triliun,” ujar Ali dalam podcast Money Honey CNNIndonesia, Rabu (22/5).


Kendati demikian, Ali mengajak kerja sama antara pemerintah dengan swasta untuk menanggung bersama-sama jaminan kesehatan masyarakat. Hal itu untuk menjaga keberlanjutan dan ketahanan BPJS Kesehatan.

“Suatu ketika kan enggak cukup ya, sehingga pabrik private partnership, kerja sama antara pemerintah swasta itu penting gitu. Itu nanti dibiayai semua bersama-sama, enggak bisa hanya dari pabrik saja,” ujarnya.

Pada Di waktu ini, sambung Ali, pihaknya terus berbenah untuk melakukan transformasi mutu layanan dengan mengusung tiga indikator Disebut juga mudah, Murah, dan setara.

“Setara itu artinya tidak diskriminatif. Jadi jangan sampai kalau (peserta) BPJS ‘Anda peserta BPJS ya? Ingin operasi ya kita kasih seperempat saja?’ Oh enggak bisa, enggak boleh itu,” ujarnya.

Apalagi, pihaknya Bahkan menerapkan sistem anti-fraud untuk mencegah penyelewengan pembayaran oleh oknum rumah sakit.

“Fraud itu Ia menguntungkan dirinya dengan Trik melanggar aturan atau hukum begitu. Itu ada beberapa, jadi kami ketatkan,” terangnya.

(wlm)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos BPJS Ungkap Bukti Masyarakat ‘Cinta’-Puas dengan BPJS Kesehatan