Bisnis  

Bos PLN Buka Suara soal Tarif PLN Setelah Juni 2024, Bakal Naik?

Bos PLN Buka Suara soal Tarif PLN Setelah Juni 2024, Bakal Naik?


Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo buka suara soalĀ Tarif PLN setelah Juni 2024.

Pria yang akrab disapa Darmo itu tidak menjawab tegas apakah Tarif PLN itu Nanti akan naik atau tidak. Terlebih, Tarif PLN itu Dalam proses ditahan oleh pemerintah Sampai saat ini pertengahan tahun nanti.

“Otoritas untuk menentukan tarif (listrik) ada di tangan pemerintah dan PLN siap menjalankan arahan dari pemerintah,” ucapnya selepas Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI di Jakarta Pusat, Kamis (30/5).


“Tadi dengan Komisi VII (Dewan Perwakilan Rakyat RI), kami melakukan analisis secara mendalam bagaimana efektivitas dari penyaluran Bantuan Pemerintah listrik untuk masyarakat yang tidak mampu,” sambung Darmo.

Sekalipun, Darmo tak berkomentar jelas soal rencana kenaikan Tarif PLN non-Bantuan Pemerintah di 2025. Tariff adjustment untuk golongan orang kaya itu dimuat dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Ia hanya menegaskan setiap tetes Kurs Mata Uang Nasional Bantuan Pemerintah listrik Dianjurkan betul-betul diterima oleh masyarakat yang berhak.

Sedangkan keputusan pemerintah menahan Tarif PLN Sampai saat ini pertengahan tahun ini diumumkan Pembantu Presiden Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Februari 2024 lalu.

Airlangga mengatakan keputusan tersebut berlaku untuk kelompok Bantuan Pemerintah maupun non-Bantuan Pemerintah. Ia menyebut tak ada kenaikan tarif Sampai saat ini Juni 2024 merupakan keputusan bersama dalam Rapat Sidang Tim Pembantu Presiden yang dipimpin Kepala Negara Joko Widodo.

(skt/agt)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos PLN Buka Suara soal Tarif PLN Setelah Juni 2024, Bakal Naik?