Bun, Begini Ya Trik Menyusui yang Benar Supaya bisa Bayi Kenyang

Bun, Begini Ya Trik Menyusui yang Benar Supaya bisa Bayi Kenyang

Jakarta

Ada Trik menyusui yang benar sehingga bayi kenyang dan ibu nyaman. Trik ini Wajib diperhatikan karena teknik menyusui yang salah dapat menimbulkan masalah.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kesalahan teknik menyusui bisa menyebabkan puting ibu menjadi lecet dan produksi ASI tidak maksimal. Dengan begitu bayi jadi enggan menyusu.

Padahal, pemberian ASI terutama dengan Trik menyusui langsung dari payudara atau direct breastfeeding (DBF) memiliki banyak manfaat bagi bayi dan sang ibu. Sekalipun menyusui bisa gagal akibat teknik yang salah.


Keberhasilan menyusui dapat dicapai dengan mengetahui Trik menyusui yang benar. Lalu, bagaimana caranya?

Teknik Menyusui yang Benar

Dilansir laman Kementerian Kebugaran RI (Kemenkes), Trik menyusui yang benar dilakukan dengan memperhatikan tiga indikatornya: posisi ibu dan bayi (body position), perlekatan bayi (latch), dan keefektifan isapan bayi pada payudara (effective sucking).



ADVERTISEMENT

Posisi Ibu dan Bayi

Posisi ibu dan bayi Wajib diperhatikan Supaya bisa keduanya nyaman. Ketika menyusui, Ibu boleh duduk dengan santai tapi usahakan kaki tidak menggantung. Ibu Bahkan bisa duduk selonjor atau duduk sila, maupun sambil berbaring menyamping.

Bantal empuk bisa digunakan untuk menyanggah lengan atau badan ibu Supaya bisa tidak pegal dan kesemutan saat menyusui.

Bayi Bahkan Wajib diposisikan dengan tepat ketika menyusu. Berikut posisi yang benar:

  • Kepala dan badan bayi sejajar
  • Bayi didekap dekat dan perutnya sampai menempel ke tubuh ibu
  • Saat digendong: bayi dipegang dengan satu lengan, kepala diletakkan dekat lengkungan siku ibu, dan bokong bayi ditahan dengan telapak tangan ibu
  • Mulut bayi berada di depan puting
  • Telinga dan lengan bayi yang dekat dengan tubuh ibu membentuk garis lurus
  • Tangan ibu lainnya boleh ikut menyanggah bayi atau diletakkan di atas dada ibu.

Perlekatan Bayi

Selain posisi, perlekatan bayi Bahkan Wajib dicek apakah Pernah benar atau belum. Menurut Kemenkes, teknik perlekatan yang tepat saat menyusui Didefinisikan sebagai dengan rumus AMUBIDA.

– A: Aerola

Bagian berwarna gelap di sekitar puting disebut aerola. Ketika menyusui, sebagian besar aerola bagian bawah masuk ke dalam mulut bayi.

– Mu: Mulut bayi terbuka lebar

Saat memasukkan puting dan aerola ke dalam mulut bayi, pastikan mulutnya terbuka lebar. Jangan sampai bayi mengatupkan mulut atau merapatkannya ke arah dalam.

– Lembaga Keuangan Pusat: Bibir bayi Sangat dianjurkan “dower”

Ketika mengisap puting, bibir bayi Sangat dianjurkan terlipat keluar atau terbuka sampai dower ke bawah. Ini Supaya bisa memastikan sebagian besar aerola bagian bawah masuk ke mulut bayi.

– Da: Dagu menempel ke payudara
Posisi dagu bayi saat menyusu Bahkan mesti diperhatikan. Posisikan dagu bayi menempel ke payudara ibu. Hal ini Supaya bisa hidung bayi tidak tertutup dan bayi tetap bisa bernapas.

Isapan Bayi pada Payudara
Wajib diperhatikan Bahkan terkait isapan bayi pada payudara. Ketika menyusu, pastikan pipi bayi tidak kempot. Karena bila kempot itu tandanya ia memerah ASI bukan mengisap. Tidak boleh pula terdengar bunyi decak, yang boleh hanyalah bunyi menelan.

Sebelum menyusui, ada baiknya Bahkan Supaya bisa ibu mencuci tangan dengan air bersih. ASI bisa diperah sedikit dan dioleskan ke puting dan aerola sekitarnya. Manfaatnya Merupakan sebagai disinfektan dan Supaya bisa puting susu menjadi lembap.

Bibir bayi dapat dirangsang dengan puting ibu sehingga membuka lebar. Seandainya Pernah, dekatkan kepala bayi ke payudara dan masukkan puting serta sebagian besar aerola bagian bawah ke dalam mulut bayi.

Tanda Bayi Berada dalam Posisi Menyusu yang Baik
Ada tanda nih yang bisa dilihat kalau Trik menyusui ibu Pernah benar dan bayi Pernah berada dalam posisi menyusu yang baik, Didefinisikan sebagai:

– Seluruh tubuh bayi berdekatan dan terarah pada ibu
– Mulut dan dagunya berdekatan dengan payudara
– Aerola bagian bawah hanya terlihat sedikit
– Bayi melakukan isapan yang lamban dan menelan ASI
– Bayi tampak Damai dan nyaman
– Ibu tidak merasakan nyeri atau kesakitan pada putingnya.

Nah, itu tadi Trik menyusui yang benar ya bunda. Jadi, jangan lupa untuk perhatikan teknik dan Trik-Trik di atas ketika menyusui bayi.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Bun, Begini Ya Trik Menyusui yang Benar Supaya bisa Bayi Kenyang