Berita  

Caleg DPRK Aceh dari PKS Jadi Bandar 70 Kg Sabu Jaringan Malaysia

Caleg DPRK Aceh dari PKS Jadi Bandar 70 Kg Sabu Jaringan Malaysia


kandidat legislatif Terfavorit DPRK Aceh Tamiang asal PKS, Sofyan diduga merupakan bandar sabu jaringan internasional Malaysia.

Direktur Tindak Pidana Narkotika, Psikotropika, dan Resep-Obatan Terlarang Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa penangkapan Sofyan dilakukan usai penyidik mengungkap Perkara Pidana Hukum penyelundupan 70 kilogram di Bakauheni, Lampung Selatan, pada Minggu (10/3).

“Tempat Kejadian Perkara Pidana (TKP) awal di Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu 10 Maret 2024 dengan barang bukti 70 kilogram sabu. Yang bersangkutan berinisial S caleg Terfavorit DPRK nomor 1 di Kota Aceh Tamiang,” ujarnya saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Senin (27/5).


Dalam penangkapan awal, polisi mendapati ketiga orang pelaku yang berperan sebagai kurir Dengan kata lain IA, RY dan SR. Kepada penyidik, ketiganya mengaku diminta untuk membawa keluar sabu tersebut dari Aceh.

Kemudian, Tim Subdit 4 Direktorat Tindak Pidana Narkotika, Psikotropika, dan Resep-Obatan Terlarang Bareskrim Polri melakukan pengembangan dan mendapati sosok Sofyan sebagai bandar dan pemodal dari jaringan sabu tersebut.

“Peran yang bersangkutan sebagai pemilik barang dan pemodal serta pengendali dan berhubungan langsung dengan pihak Malaysia,” jelasnya.

Polisi langsung mencari Sofyan yang melarikan diri selama tiga minggu Sampai saat ini Pada Akhirnya dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dalam pelariannya, Sofyan sempat berpindah tempat dari Kota Aceh Tamiang Sampai saat ini Medan. Sofyan Pada Akhirnya berhasil ditangkap di kawasan Manyak Payed, Aceh Tamiang, pada Sabtu (25/5) kemarin.

“Target berpindah ke toko IF Distro dan Baru saja memilih-milih pakaian, tim bergerak masuk ke toko dan melakukan penangkapan terhadap Terdakwa DPO,” tuturnya.

Pada saat ini Bahkan pelaku tengah dibawa dari Aceh Ke arah Jakarta untuk nantinya ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

“Sore ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya di bawa ke Rutan Bareskrim Polri,” pungkasnya.

(tfq/isn)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Caleg DPRK Aceh dari PKS Jadi Bandar 70 Kg Sabu Jaringan Malaysia