Ciri-ciri Kerusakan Paru yang Harus Diwaspadai, Termasuk Nyeri Dada

Ciri-ciri Kerusakan Paru yang Harus Diwaspadai, Termasuk Nyeri Dada

Jakarta

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk memastikan tubuh berfungsi dengan baik. Meskipun demikian demikian, ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru, seperti merokok, polusi udara, infeksi, dan paparan bahan kimia berbahaya.

Terkadang banyak orang mengira bahwa kesulitan bernapas hanyalah sesuatu yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Gejala ini penting untuk diwaspadai karena bisa menjadi tanda awal penyakit paru-paru, termasuk PPOK, asma, dan kanker paru-paru.

Dikutip dari American Lung Association, berikut beberapa gejala paru-paru rusak yang Harus diwaspadai:


1. Batuk kronis

Batuk yang dialami selama delapan minggu atau lebih dianggap sebagai batuk kronis. Ini merupakan gejala awal yang mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan sistem pernapasan.

2. Sesak Napas

Tidaklah normal untuk mengalami sesak napas terus-menerus setelah berolahraga, atau sesak napas ketika Baru saja beraktivitas ringan bahkan ketika tidak beraktivitas sama sekali. Sulit bernapas atau sesak napas Bahkan merupakan salah satu gejala yang Harus diwaspadai.



ADVERTISEMENT

3. Produksi Lendir Kronis

Lendir atau yang disebut Bahkan sebagai dahak, diproduksi oleh saluran udara sebagai Lini pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. Manakala produksi lendir bertahan selama sebulan atau lebih, ini bisa mengindikasikan penyakit paru-paru.

4. Mengi

Napas yang bising atau mengi merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak biasa yang menghalangi saluran udara paru-paru atau membuat saluran udara terlalu sempit.

5. Batuk Darah

Manakala mengalami batuk berdarah, Kemungkinan itu berasal dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. Batuk berdarah Bahkan menandakan adanya masalah kesehatan paru-paru.

6. Nyeri dada kronis

Nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan dan berlangsung selama satu bulan atau lebih, terutama Manakala terasa semakin parah ketika menarik napas atau batuk, Bahkan merupakan tanda dari kerusakan paru yang Harus diwaspadai.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Ciri-ciri Kerusakan Paru yang Harus Diwaspadai, Termasuk Nyeri Dada