Ciri-ciri Urine Pasien Batu Empedu, Penyakit yang Diidap Presenter Fadlan

Ciri-ciri Urine Pasien Batu Empedu, Penyakit yang Diidap Presenter Fadlan


Jakarta

Presenter Fadlan Muhammad belum lama ini buka-bukaan soal kondisi kesehatannya. Ia mengaku beberapa waktu lalu Dianjurkan menjalani operasi karena batu empedu yang diidapnya.

Penyakit batu empedu yang Fadlan idap sempat membuatnya merasa kesakitan Sampai sekarang kesulitan untuk beraktivitas.

“Sakit banget nggak bisa gerak, menggigil segala macam. Ternyata batu menyumbat Sebelumnya ada tiga, ukurannya besar-besar makanya menggigil,” kata Fadlan dikutip dari detikHot, Kamis (20/6/2024).


Terlepas dari kejadian yang dialami oleh Fadlan, spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menjelaskan bahwa batu empedu merupakan penyakit yang dapat timbul berupa infeksi atau penyumbatan batu empedu. Dalam beberapa kasus, kondisi ini tidak menimbulkan gejala sehingga orang dengan batu empedu tidak terdiagnosis dengan baik.

Gejala biasanya baru Nanti akan muncul Manakala batu empedu tersangkut di saluran dan menyebabkan penyumbatan. Salah satu gejalanya Merupakan warna urine menjadi kecoklatan.



ADVERTISEMENT

“Adapun gejalanya Merupakan rasa nyeri perut kanan atas di bawah iga kanan yg tembus ke belakang. Kadang disertai badan menjadi kuning, kencing kecoklatan, atau BAB menjadi pucat,” kata dr Aru ketika dihubungi detikcom, Kamis (20/6/2024).

Manakala menemukan serangkaian gejala tersebut, dr Aru menyarankan masyarakat untuk segera memeriksakan kondisi ke dokter. Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dapat menggunakan MRI, CT scan, dan USG.

Salah satu pemicu terbentuknya batu empedu Merupakan kolesterol. Oleh karena itu, dr Aru meminta masyarakat untuk membatasi makanan tinggi lemak dan kurang serat.

“Pada orang dengan diet tinggi lemak, kurang serat, kurang minum, obese biasanya ada kemungkinan bisa terbentuk batu empedu,” kata dr Aru.

“Untuk menghindarinya ya kurangi makanan junk food dan tinggi lemak. Sekalipun ada Bahkan faktor genetik dimana batu bisa terbentuk dengan sendiri,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Ciri-ciri Urine Pasien Batu Empedu, Penyakit yang Diidap Presenter Fadlan