COVID Naik Lagi, Ramuan Herbal Ini Cocok Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun

COVID Naik Lagi, Ramuan Herbal Ini Cocok Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun


Jakarta

Memanfaatkan daya tahan tubuh di kala cuaca tak menentu dan kasus Pandemi meningkat dapat dilakukan dengan berbagai Tips. Hal ini Niscaya saja penting Supaya bisa tubuh tetap sehat dan tidak terpapar dengan berbagai penyakit.

Salah satu Tips yang bisa dilakukan untuk Memanfaatkan daya tahan tubuh setiap hari Merupakan dengan mengonsumsi jamu. Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Medis Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menuturkan salah satu ramuan sederhana yang bisa dibuat di rumah Merupakan campuran jahe, kunyit, dan serai.

dr Inggrid berkata bahwa ramuan sederhana tersebut selain baik untuk Memanfaatkan daya tahan tubuh, Bahkan bisa Membantu meredakan batuk dan pilek serta memelihara fungsi pencernaan.


“Jadi kalau kita ada kembung atau mulai sedikit diare, kita bisa konsumsi itu untuk menormalkan kembali,” ujar dr Inggrid ketika ditemui di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

Lantas bagaimana Tips membuat ramuan tersebut? Pertama siapkan terlebih Dulu kala bahan-bahan jahe, kunyit, dan serai untuk dibuat ramuan. dr Inggrid mengingatkan jumlah jahe, kunyit, dan serai yang digunakan bisa menyesuaikan pasien yang Akan segera mengonsumsi ramuan tersebut.



ADVERTISEMENT

“Jadi misalnya jahenya kita bisa ambil 10-20 gram, itu bisa kira-kira satu jempol yang Ingin minum. Misalnya kita Ingin kasih buat anak kita, jahe satu jempol. Bukan satu jempol kita, tapi satu jempolnya anak kita,” jelasnya.

Siapkan jahe sebanyak satu jempol, kunyit satu sampai dua jari, dan serai satu batang. Geprek serai dan iris tipis-tipis jahe serta kunyit yang Pernah berlangsung disiapkan.

Terdapat dua Tips yang bisa dilakukan untuk mengolah ramuan tersebut, yaitu direbus dan diseduh. Bila pasien masih belum terbiasa mengonsumsi jamu, membuatnya dengan Tips diseduh menjadi Tips yang disarankan.

Justru, Supaya bisa ramuan yang dibuat dapat berefek lebih maksimal, mengolah dengan Tips direbus langsung lebih dianjurkan.

“Misal diseduh itu direndam selama 5-10 menit, cuma itu rasanya Akan segera lebih mild dan belum Berlebihan zat-zat aktif yang bisa tersarikan. Kalau zat-zat aktifnya bisa tersarikan sampai larut itu bagusnya direbus,” ujarnya.

“Kalau Ingin manis bisa dicampur madu misalnya. Kan madu Bahkan baik untuk Memanfaatkan daya tubuh ya. Tapi madu murni ya, misalnya 2 sendok teh ke dalam gelas terus diaduk. Tapi jangan dalam keadaan mendidih saat memasukkan madu karena bisa merusak kandungan madunya,” jelas dr Inggrid.

Ramuan jahe, kunyit, dan serai bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kali sehari untuk menjaga imunitas tubuh.

“Tapi kalau kita misalnya ternyata Pernah berlangsung ketularan sakit, batuk, pilek, demam, atau Mungkin bisa COVID, itu bisa ditambah minum 3-4 kali,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > COVID Naik Lagi, Ramuan Herbal Ini Cocok Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun