Daftar Sistem Bermasalah Imbas Microsoft Down di Puluhan Negara

Daftar Sistem Bermasalah Imbas Microsoft Down di Puluhan Negara

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Microsoft mengalami gangguan (down) secara global pada Jumat (19/7).

Ribuan perangkat Windows di seluruh dunia mengalami blue screen of death (BSOD) massal yang berdampak pada Sebanyaknya layanan, mulai dari penerbangan, penyiaran, Sampai saat ini perbankan di berbagai negara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalang gangguan tersebut diduga karena proses pembaruan perangkat lunak atau update software yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber CrowdStrike. Adapun Microsoft merupakan salah satu klien dari Crowdstrike.

Sementara itu, Crowdstrike mengatakan Saat ini Bahkan perusahaan secara aktif menangani pelanggan yang terdampak oleh kesalahan yang ditemukan pada pembaruan konten tunggal untuk host Windows. Dalang gangguan katanya bukan karena serangan siber.

Gangguan ini berdampak pada Sebanyaknya layanan, mulai dari penerbangan, penyiaran, Sampai saat ini perbankan di berbagai negara.

Berikut deret sistem bermasalah akibat gangguan Microsoft.

Penerbangan

Dilansir dari CNN, kegagalan sistem TI di seluruh dunia menyebabkan penundaan dan masalah di bandara-bandara di Asia. Imbasnya, beberapa maskapai menghentikan penerbangan.

Salah satu bandara yang terdampak Merupakan Bandara Internasional Taoyuan Taiwan. Mereka mengatakan beberapa maskapai penerbangan di bandara tersebut terkena dampaknya.

Pihak bandara menyebut Jetstar, Hong Kong Express, Jeju Air dan Scoot semuanya melakukan check-in manual.

Sementara itu, maskapai penerbangan Irlandia, Ryanair, meminta penumpang untuk tiba di bandara tiga jam lebih awal imbas “masalah TI pihak ketiga, yang berada di luar kendali Ryanair dan mempengaruhi semua maskapai penerbangan yang beroperasi di seluruh jaringan”.

Ada Bahkan Frontier Airlines yang membatalkan 131 penerbangan dan menunda 223 penerbangan lainnya, yang mencapai hampir 30 persen dari keseluruhan penerbangannya.

Transportasi Umum

Selain bandara, transportasi umum termasuk kereta api dan Kendaraan Bus di Washington, D.C pun ikut terkena dampak pemadaman listrik. Salah satunya situs Washington Metropolitan Area Transit Authority (WMATA) dan Sebanyaknya sistem internal yang menjadi tidak aktif.

Bank

Bank Bahkan ikut terdampak gangguan Microsoft. Salah satunya bank terbesar di Australia, Commonwealth Bank.

Bank di Inggris, Barclays, Bahkan berdampak karena nasabah tidak dapat mengelola akun mereka melalui aplikasi, online, atau melalui telepon.

Tak hanya itu, ASB Bank Selandia Baru pun ikut terkena dampak. Masalah ini Bahkan menjangkit Capitec dari Afrika Selatan.

(fby/bac)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Daftar Sistem Bermasalah Imbas Microsoft Down di Puluhan Negara