Dari Mana Kecerdasan Simpanse?

Dari Mana Kecerdasan Simpanse?

Jakarta, CNN Indonesia

Simpanse merupakan binatang yang sangat cerdas, bahkan hampir setara manusia, Sampai sekarang menginspirasi Sebanyaknya karya fiksi. Dari mana sebetulnya kecerdasan mereka?

Simpanse dan kera besar lainnya dikenal karena kecerdasannya. Mereka dapat mempelajari kata-kata, bermain dengan benda-benda, dan bahkan terlihat berduka atas kematian temannya.

Salah satu Sinema yang terinspirasi kecerdasan primata ini Merupakan Kingdom of the Planet of the Apes (2024), yang merupakan bagian saga reboot Planet of the Apes.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kritikus menyebut Sinema ini, terutama bagian pertarungan Akhirnya, lebih banyak otak dibanding otot, meski mengakui ini bukan resep Berhasil box office.

Lalu kenapa simpanse bisa punya kecerdasan semacam ini?

Dalam salah satu studi yang pernah dilakukan pada kognisi simpanse, para peneliti melaporkan perbedaan individu tersebut tidak terlepas dari susunan genetik.

Studi yang terbit di Current Biology pada 2014 mengungkap gen menentukan sekitar setengah dari variabilitas kecerdasan simpanse dan separuhnya lagi ditentukan oleh faktor lingkungan.

Penelitian mengenai hewan selama ini lebih banyak fokus pada kontribusi lingkungan. Hampir sepanjang abad ke-20, para ilmuwan berpendapat hewan seperti robot, berperilaku dengan Tips yang dapat Diprediksi hanya Merujuk pada isyarat lingkungan, seperti hadiah dan hukuman.

Sementara itu, studi yang dilakukan William Hopkins, ahli primata dari Pusat Penelitian Primata Nasional Yerkes, dan rekan-rekannya ini menambah bukti bahwa hewan bukanlah ‘mesin’ yang pasif, melainkan pemikir yang tajam dan aktif.

Penelitian pada manusia menghasilkan perkiraan yang serupa dengan penelitian pada primata, yang menunjukkan kecerdasan sekitar 50 persen dapat diturunkan.

Sekalipun, menurut Hopkins, perkembangan manusia sangat dipengaruhi oleh faktor Kearifan Lokal, seperti sistem pendidikan formal, sehingga alam dan lingkungan sulit untuk dipisahkan.

“Sebagai salah satu kerabat terdekat manusia, simpanse Menyediakan Tips yang lebih sederhana untuk memikirkan pertanyaan itu,” kata Hopkins, melansir National Geographic.

Bertahan hidup secara sosial

Hopkins mengatakan simpanse bisa mengejutkan dalam kemampuan kognitif mereka. Beberapa dekade lalu, seekor simpanse yang diteliti Hopkins ternyata dapat menonton video dirinya secara real-time di monitor televisi terdekat.

Simpanse yang bernama Austin itu membuka mulutnya lebar-lebar untuk melihat giginya, tapi tidak bisa melihatnya dengan jelas.

“Jadi Ia mengambil senter dan menyorotkannya ke dalam mulutnya untuk melihat lebih jauh ke dalam tenggorokannya,” kata Hopkins.

Austin Merupakan simpanse terpintar yang pernah ditemui Hopkins, tapi Ia Bahkan melihat banyak keragaman di antara hewan-hewan tersebut.

“Ketika Anda berada di luar sana bekerja dengan mereka sepanjang waktu, Anda Tidak mungkin tidak membentuk beberapa opini tentang apakah Anda pikir mereka pintar atau tidak begitu pintar,” katanya.

Untuk mengetahui seberapa besar variabilitas tersebut disebabkan oleh genetika, Hopkins dan timnya menilai kemampuan kognitif 99 simpanse dalam kurungan.

Mereka menggunakan 13 tes yang mengukur berbagai manifestasi kecerdasan, seperti bagaimana hewan-hewan itu berurusan dengan dunia fisik, bereaksi terhadap suara, dan menggunakan alat.

Pengaruh lingkungan di halaman berikutnya…


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Dari Mana Kecerdasan Simpanse?